• KEINGINAN

    Hidup akan terus bergulir. Menapaki setiap langkah baru penuh impian. Allah memberikan kita kesempatan hidup di dunia ini hanya sekali. Teramat singkat memang. Dengan ribuan keinginan yang mungkin terselimut dalam benak setiap insan. Siapa yang tidak mempunyai keinginan? Ah.. Rasanya mustahil bukan? Tempat tinggal yang layak, jodoh yang shalih/shalihah, jabatan yang tinggi, dan kekayaan yang melimpah, siapa yang tidak menginginkannya? Allah memberikan kita banyak sekali fasilitas. Allah mengenal karakter manusia. Tentu saja. Karena itu Allah memberikan hiburan-hiburan berupa pahala dan ganjaran agar manusia mau beribadah kepada-Nya.
    Keinginan itu memiliki tingkatan-tingkatan. Apa saja?
    1. Ingin, yaitu keinginan yang terbersit dalam hati seseorang. Keinginan itu bergulir apa adanya. Namun, jika hanya ingin saja tanpa bergerak, apakah keinginan itu akan terwujud?
    2. Azam. Semua yang kita impikan bisa kita wujudkan, jika kita memiliki keinginan yang lebih hebat dari keinginan biasa yang disebut dengan “azam”. Azam artinya tekad, keinginan yang mulai bulat yang diraih dengan bekal ilmu. Berusahalah di siang hari, dan berdoalah di malam hari kemudian bertawakal kepada Allah, adalah jalan untuk menggapai kesuksesan.
    “Barangsiapa yang menginginkan dunia maka hendaklah berilmu. Barangsiapa yang menginginkan akhirat, maka hendaklah dengan ilmu. Barangsiapa yang menginginkan keduanya, maka hendaklah dengan ilmu.” (Al-Hadits)
    3. Niat tempatnya di hati.
    “Orang-orang yang berjihad untuk (mencari Keridhaan) Kami, benar-benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan kami. Sesungguhnya, Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik.” (Al-Ankabut : 69)
    Tetaplah berjalan di jalan Allah dan bersungguh-sungguhlah untuk mewujudkan keinginan yang dimiliki. Karena hidup terlalu sepi tanpa adanya impian.
    Keinginan yang diridhoi harus dilakukan disertai dengan empat hal.
    Pertama, ikhtiar yang dilakukan harus sebaik mungkin sesuai dengan syariat dan petunjuk Allah.
    Kedua adalah doa. Doa yang dilakukan harus terus-menerus. Allah akan mengabulkan setiap doa, hanya saja doa itu ada yang langsung dikabulkan, menunggu lama, atau ditunda di akhirat. Tapi janji Allah adalah benar. Allah akan mengabulkan setiap doa. Maka yakinilah!!
    Ketiga adalah baik sangka terhadap ketentuan Allah dan menerima setiap takdir baik maupun buruk. Karena hanya Allah yang mengetahui apa yang terbaik untuk hamba-Nya.
    Terakhir adalah tawakal. Berusahalah dengan sungguh-sungguh, dan setelah itu pasrahkan semua hasilnya pada Allah.
    Ingat kata pepatah? Usaha tidak akan mengkhianati hasil. Berkacalah dengan usaha yang kamu lakukan dan libatkan setiap urusanmu dengan Allah. Dan bandingkan dengan mimpimu. Apakah kau sudah merasa cukup?
    Wallahu a’lam bishawab..

Leave a Reply