• Sudah Benarkah Shalat Kita?

    Setiap hari, kita melaksanakan shalat wajib. Subuh, Dhuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya. Ditambah lagi dengan berbagai shalat sunnah, seperti shalat rawatib, witir, tahiyyatul masjid, dan lain-lain.

    Meskipun begitu, banyak kita temui orang yang sudah shalat lima waktu masih memiliki perangai atau perkataan yang buruk. Suka mengumpat, mengucap kata kotor, berbohong, suka menyakiti orang lain, dan lain sebagainya. Mengapa bisa begitu?

    Pada dasarnya, shalat adalah ibadah yang bisa menjaukan kita dari perbuatan keji dan munkar. Hal ini dijelaskan di dalam Al Quran yang artinya:

    “…Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan- perbuatan) keji dan mungkar…” (QS. Al ‘Ankabut: 45).

    Lalu, mengapa masih banyak orang yang sudah shalat tapi perangainya masih buruk, perkataannya masih kasar, dan perilakunya masih sering menyakiti? Bisa jadi ada yang salah dari shalatnya. Mungkin shalatnya masih dilakukan dengan terpaksa, masih malas-malasan, masih tidak khusyuk, dan berbagai perkara lain.

    “Dalam shalat ada tiga hal di mana jika tiga hal ini tidak ada maka tidak disebut shalat. Tiga hal tersebut adalah ikhlas, rasa takut dan dzikir pada Allah. Ikhlas itulah yang memerintahkan pada yang ma’ruf (kebaikan). Rasa takut itulah yang mencegah dari kemungkaran. Sedangkan dzikir melalui Al Qur’an yang memerintah dan melarang sesuatu.” (Lihat Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, 6: 65)

    Oleh karena itu, perilaku kita dalam kehidupan sehari-hari menjadi cerminan dari shalat kita. Mari perbaiki diri kita dengan dimulai dari memperbaiki shalat kita

    Penulis : Faishal Hanin

    Post Tagged with , ,

Leave a Reply