• Apa kabar ibadah?

    Tidak terasa, ujian akhir semester sudah selesai kita jalani, dan libur akhir semester sudah berada di depan mata. Meskipun perkuliahan semester ini sudah selesai, ujian akhir semester sudah selesai pula, akan tetapi bukan berarti ibadah ikut libur. Tak ada kata libur untuk amalan yang satu ini, karena ibadah kepada Allah merupakan kewajiban kita sampai kita meninggal kelak. Mengapa demikian?

    Memang, liburan adalah masa istirahat yang diberikan setelah menimba ilmu selama satu semester lamanya. Liburan pula menjadi masa untuk berkumpul kembali bersama sanak saudara yang telah lama ditinggalkan selama perantauan. Meskipun ini adalah masa istirahat, bukan berarti kita bisa beristirahat pula dari amal ibadah kita. Meskipun ini adalah masa istirahat, bukan brarti pula kita bisa berbuat sesuka hati tanpa ada aturannya. Bahkan ada yang mengatakan bahwa tempat peristirahatan yang sesungguhnya adalah surga, karena di dunia tak pernah mengenal istirahat untuk ibadah.

    Perlu selalu diingat, kita tidak pernah tau kapan kita akan mati. Apakah tahun depan, minggu depan, besok, atau bahkan satu jam lagi. Hanya Allah yang tau kapan kita menemui ajalnya. Oleh karena itu, perlulah kita senantiasa beribadah kepada Allah, karena ketika  meninggal nanti, semua amal ibadah kita akan terputus sebagaimana Rasulullah telah bersabda,

    “Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim no. 1631)

    Mari, isi aktivitas kita terutama dalam liburan ini dengan hal bermanfaat, terutama beribadah kepada Allah. Sebelum kita menemui ajal dan tidak bisa menambah bekal untuk menghadapi yaumul hisab kelak.

    Selamat berlibur!

    Selamat memperbanyak amal!

    Penulis : Faishal Hanin

    Post Tagged with ,

Leave a Reply