• Hikmah dibalik Kegagalan

         Sebagai seorang manusia, kita pasti sering merencanakan sesuatu.  Entah kegiatan untuk diri sendiri maupun yang  berhubungan dengan orang lain.  Dari sakala yang kecil, sampai  skala besar yang berdampak signifikan bagi kehidupan. Mungkin hanya sekedar jalan-jalan santai bersama teman, rapat divisi dalam suatu organisasi, sampai merencanakan kegiatan besar dengan  skala tingkat kota, provinsi, negara, maupun internasional.

         Seluruh manusia pasti menginginkan kegiatan yang dia rencanakan berjalan lancar tanpa mengalami kegagalan. Demikian dengan kita. Kita menginginkan agenda berjalan lancar sesuai rencana.  Jika kita memiliki agenda jalan-jalan, kita berharap agenda itu berjalan sesuai rencana. Jika kita memiliki agenda rapat, kita berharap agenda itu berjalan dengan baik dan memberikan hasil. Jika kita memiliki agenda tingkat kampus, kita berharap agenda itu sukses dan mendatangkan banyak massa.

         Meskipun begitu, manusia tetaplah hanya bisa merencanakan. Manusia tidak punya kuasa agar agendanya berhasil. Banyak kegiatan yang berhasil sesuai rencana, ada pula yang gagal. Bukan karena rencana yang kurang matang, tetapi karena faktor lain yang benar-benar tidak kita duga. Bisa jadi kegagalan itu terjadi karena faktor –faktor di luar kuasa kita sebagai manusia.

         Kita seringkali tidak terima jika agenda kita tidak terlaksana. Kita seringkali merasa sangat kecewa ketika agenda yang telah kita rancang gagal dilaksanakan. Mari kita bermuhasabah, tentang apa yang sudah kita lakukan sebelumnya. Karena bisa jadi apa yang telah kita lakukan membuat Allah tidak menyukai kita. Bisa jadi pula apa yang telah kita lakukan sebelumnya membuat Allah tidak ridha kepada agenda kita. Tilik  pula perjuangan kita dalam menyiapkan agenda. Mungkin perjuangan kita masih kurang dalam mempersiapkannya. Bisa jadi kita kurang profesional serta kurang maksimal dalam mempersiapkannya.  

         Oleh karena itu, jangan terburu-buru menyalahkan kejadian alam atas kegagalan agenda kita. Jangan terburu-buru menyalahkan teman-teman ketika agenda tidak berjalan sesuai apa yang  direncanakan. Cek dulu diri kita, cek dulu amalan kita sebelumnya. Apakah kita sudah maksimal dalam mempersiapkannya. Terpenting, apakah perbuatan kita sudah membuat Allah ridha? Mari kita beristighfar! Marilah kita berbenah diri! Kita mohon kepada Allah agar mensukseskan agenda kita. Kita mohon kepada Allah agar meridhai kita, dengan diiringi kegiatan yang bisa membuat Allah meridhai kita.

    <Bocah>

    Post Tagged with , , ,

Leave a Reply