• Si Kuning Banyak Manfaat

    Segala sesuatu yang diciptakan oleh Allah SWT pasti bermanfaat. Begitipun dengan salah satu serangga kecil ini. Serangga penyengat yang biasa kita sebut dengan lebah.  Apis mellifera atau yang biasa kita kenal dengan sebutan lebah ini memiliki keistimewaan tersendiri. Serangga yang masuk ke dalam ordo hymenoptera ini bahkan menjadi salah satu nama surat dalam Al-Quran. Surat ke 16 yaitu surat An-Nahl yang berarti lebah. Secara spesial dalam surat tersebut pada ayat ke 68 Allah berfirman yang berbunyi “Dan Tuhanmu mengilhamkan kepada lebah: buatlah sarang di bukit-bukit di pohon-pohon kayu dan tempat yang dibuat oleh manusia.”

    Madu memiliki berbagai khasiat yang bermanfaat bagi tubuh karena berasal dari berbagai macam sari bunga. Madu memiliki kandungan energi yang sangat tinggi. Selain dimanfaatkan madunya, serbuk sari (bee polen) dari madu juga sangat bermanfaat untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Kemukjizatan madu sebagaimana disampaikan Alquran telah terbukti secara ilmiah. Dalam Tafsir Alquran, Sayyid Quthb mengungkapkan, madu sebagai obat penyembuh penyakit sudah dibuktikan secara ilmiah oleh para pakar kedokteran. Inilah salah satu bukti kebenaran ayat Alquran yang harus diyakni umat manusia.

    Sedangkan dalam Tafsir Alquran Ibnu Katsir diterangkan bahwa madu lebah itu warnanya bermacam-macam sesuai dengan makanannya. Ada yang berwarna putih, kuning, maupun merah. Selain itu, menurut Ibnu Katsir, madu cocok bagi setiap orang, misalnya untuk mengobati dingin, karena madu itu panas.

    Selain itu produk hasil lebah lainnya seperti royal jelly Royal jelly adalah cairan berupa jeli atau krim yang dikeluarkan oleh lebah pekerja muda dari bahan baku pollen yang dipergunakan oleh lebah sebagai makanan khusus bagi larva calon ratu lebah dan larva lebah pekerja. Royal Jelly bermanfaat untuk memelihara dan menjaga kebugaran tubuh.  Kajian khasiat madu secara ilmiah juga telah diteliti oleh ilmuwan Muslim terkemuka di era keemasan Islam, yakni Ibnu Sina (890-1037). Bapak kedokteran dunia dan pemikir Muslim agung di abad ke-10 M itu tercatata sebagai dokter  yang mengulas mengenai khasiat madu dari segi kesehatan dan dunia kedokteran. Beberapa produk lain yang sering dimanfaatkan untuk untuk kesehatan antara lain propolis yaitu bahan perekat yang bersifat resin yang dikumpumpulkan oleh lebah pekerja dari tumbuhan. Lebah juga menghasilkan lilin yang bermanfaat sebagai industri kosmetik serta bahan bau untuk pembuatan batik.

        Tak hanya itu, ternyata racun lebah saat ini telah dimanfaatkan sebagai pengobatan. Cara pengobatan yang satu ini dilakukan melalui sengatan lebah, beberapa penyakit yang dapat disembuhkan melalui sengatan lebah antara lain : penyakit neuritis, reumatik otot, asthma DLL. Semoga kita dapat bermanfaat bagi sesama seperti halnya lebah yang memiliki jutaan manfaat bagi masusia. (Aiunun/Nasiba)

    Post Tagged with ,

Leave a Reply