• Perhatian Islam Dalam Menjaga Kesehatan Manusia

    Ada dua nikmat yang mayoritas manusia lupa dengannya, yakni nikmat sehat dan kesempatan.”
    (HR Muslim)

    Kesehatan merupakan salah satu nikmat yang wajib kita syukuri. Fisik yang sehat akan menjadi penunjang utama untuk melakukan ibadah kepada Allah SWT. Bisa dibayangkan ketika sakit kita akan kesulitan melakukan segala aktivitas. Semua makanan terasa kurang enak, ingin bekerja tapi fisik lemah, bahkan bisa mengurangi kekhusyukan ketika beribadah. Islam sungguh luar biasa dalam memperhatikan aspek kesehatan manusia. Hal ini-pun telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW berabad lalu. Menerapkan pola hidup sehat yang bahkan baru mampu terungkap faidahnya oleh para peneliti beberapa tahun belakangan. Sunnah dari Rasulullah ini telah terbukti secara riil. Sejarah mengatakan bahwa beliau hampir tidak pernah sakit meskipun aktivitas-aktivitas dakwah menyita seluruh waktu beliau, bahkan untuk istirahat sekalipun. Pernah sekali waktu beliau berperang tanpa henti selama beberapa hari, bersiaga di pinggiran kota Madinah demi menjaga agar pasukan Ahzab tidak memasuki kota. Maka sudah sepantasnya kita mencontoh pola hidup sehat Rasulullah SAW agar terhindar dari berbagai penyakit. Lalu, bagaimana Islam memberikan petunjuk dalam menjaga kesehatan manusia?

      1. Makan secukupnya, jangan berlebihan. Dengan makan secukupnya maka kinerja lambung dapat tetap terjaga, tidak kekurangan juga tidak berlebihan. Makan secara berlebihan juga dapat menimbulkan rasa kantuk yang pada akhirnya membuat aktivitas kita terasa lebih melelahkan dari biasanya. Allah juga berfirman dalam Alqur’an Surah Al-A’raf ayat 31 bahwa Allah tidak suka terhadap orang-orang yang berlebihan.
      2. Disunnahkan makan dengan tiga jari (ibu jari, telunjuk, jari tengah) dan menjilatinya setelah selesai. Makan dengan tiga jari membuat makanan yang masuk lebih sedikit jumlahnya sehingga membuat enzim ptialin berfungsi maksimal. selain itu makanan dapat dikunyah lebih lembut dan lebih mudah dicerna lambung. Berdasarkan penelitian ilmiah yang dilakukan oleh seseorang, di ujung tiga jari tersebut terdapat enzim RNAse yang dapat mengikat bakteri bersama makanan yang masuk, sehingga dapat menghambat aktivitas bakteri dalam tubuh dan memperkuat proteksi tubuh terhadap penyakit.
      3. Tidak dianjurkan mencampur makanan darat dengan makanan laut, misal makan ikan berbarengan makan ayam. Mengapa hal ini tidak dianjurkan? Makanan laut mengandung ion (-) sedangkan makanan darat mengandung ion (+). Keduanya akan tarik menarik jika dimakan bersama dan ini akan menimbulkan penyakit seperti munculnya gangguan pada usus.

     

     

    Itulah tiga dari sekian banyak hal yang biasa dilakukan Rasulullah SAW dalam menerapkan pola hidup sehat. Merupakan sebuah keharusan bagi kita untuk selalu bersyukur dengan nikmat sehat yang dikaruniakan oleh Allah ini. Sudah sewajarnya kita menjaga kesehatan dan tidak berlebihan sebagai salah ungkapan rasa syukur atas pemberian Allah SWT.

    Semoga Allah selalu mengaruniakan hidayah kepada kita agar selalu istiqamah dalam mengikuti sunnah nabi-Nya yang mulia.

    Allahu a’lam bis-shawaab

    @y_yin49

    Post Tagged with , ,

Leave a Reply