• Pendidikan Ibarat Garam dan Anak Tangga

    DEPOK – Dalam momentum Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) seluruh pendidik di dalam negeri diminta untuk menggenjot kualitas pengajaran kepada anak didik. Selain itu, potret buram pendidikan masih saja ditemukan dan erat kaitannya dengan sarana dan prasarana pendidikan.

    Hal itu diungkapkan oleh Wali Kota Depok Idris Abdul Shomad dalam pidato peringatan Hardiknas 2016 di Balaikota Depok. Idris mengakui, masih banyak sarpras di tiap sekolah yang harus diperbaiki.

    Dia menyebut pendidik ibarat garam dalam sayur. Idris juga menganalogikan pendidik bagai anak tangga yang memiliki berbagai tahapan level pasti.

    “Memang masih banyak kegiatan fisik dan nonfisik yang harus ditingkatkan, SDM yang ada harus ditingkatkn kualitas kinerjanya. Pendidik itu bagai garam dalam sayur. Jika tanpa garam enggak akan enak,” katanya, Senin (2/5/2016).

    Guru, kata Idris, mampu bersifat sebagai garam agar sayur lebih enak untuk mengolah pendidikan lebih berkualitas. “Pendidik itu juga ibarat tangga, mempunyai tahapan jelas. Mana prioritas fungsi dan langkah-langkahnya jelas, teknisnya juga,” katanya.

    Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok Herry Pansila menegaskan, agenda besar tahun ini adalah membuat seluruh warga berhak mendapatkan pendidikan. Salah satunya dengan meningkatkan program wajib belajar menjaring warga putus sekolah.

    “Harapan ke depan, pendidik bisa lebih meningkat kualitasnya. Warga Depok bisa menikmati pendidikan lebih baik. Semua menikmati dengan baik,” tegasnya. (rfa)

    Redaktur : Nasiba

Leave a Reply