• PBB Desak Semua Pihak Patuhi Gencatan Senjata di Aleppo

    Ilustrasi: Dua anak kecil tengah berjalan di reruntuhan kota Aleppo – Telegraph.co.uk

    Ilustrasi: Dua anak kecil tengah berjalan di reruntuhan kota Aleppo – Telegraph.co.uk

    MEDIA ALHURRIYYAH – Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) desak semua pihak untuk mematuhi gencatan senjata yang terjadi di Aleppo, Suriah pada Rabu (4/5). Selama beberapa hari kebelakang, kondisi Aleppo memang sedang memanas. Pasukan rezim Presiden Bashar al-Assad beserta jet-jet tempur Rusia terus membombardir kota terbesar di Suriah itu yang kini telah menewaskan lebih dari 250 orang.

    Wakil Sekretaris Jenderal PBB, Jeffrey Feltman, menyatakan Amerika Serikat dan Rusia telah sepakat untuk memperluas gencatan senjata di seluruh negeri tersebut ke Aleppo.”Kami mendesak semua pihak agar mematuhi ini segera dan secara menyeluruh,” kata Feltman, sebagaimana dikutip Xinhua.

    Gencatan senjata akan berlangsung selama 48-jam dan rencananya berawal di Aleppo mulai Kamis (5/5). Gencatan senjata itu dicapai setelah kota tersebut mengalami kekeruhan lebih dari 10 hari dan telah menewaskan 120 orang lebih dan melukai ratusan orang lagi, ujar militer Suriah pada Rabu (4/5) yang dikutip dari republika.com

    Pemboman yang dilakukan itu menghantam wilayah yang dikuasai pemerintah di Aleppo, sebelum Front An-Nusra, yang memiliki hubungan dengan Alqaeda, dan kelompok lain mengikuti pemboman tersebut dengan serangan besar terhadap Aleppo Barat dari arah yang berbeda. Pemboman pada Selasa (3/5) juga ditujukan ke satu rumah sakit di Kabupaten Al-Muhafaza, menewaskan tiga perempuan dan melukai beberapa orang lagi, termasuk anak kecil.

    Keputusan gencatan senjata bisa saja disepakati bersama jika kubu pemberontak memenuhi syarat, ujar Menlu Rusia, Sergei Lavrov yang dilansir oleh okezone.com.

    Reporter : Layyinatul Kholiqoh

    Post Tagged with

Leave a Reply