• ALEPPO MEMBARA, KINI KAMP KAMUNA MENJADI TARGET SERANGAN PEMERINTAH SURIAH

    MEDIA ALHURRIYYAH – Rezim Suriah kembali melancarkan serangan udara yang mengarah kepada penduduk Aleppo, Syria. Setelah dua minggu berturut-turut menyerang pemukiman penduduk sipil dan fasilitas publik di wilayah timur Aleppo, kini Rezim Suriah mengarahkan senjatanya ke arah Kamp Kamuna yang terletak di bagian utara Aleppo. Kamp Kamuna merupakan kamp pengungsian yang dipadati oleh penduduk yang melindungi diri dari peperangan yang sering terjadi di wilayah Aleppo dan sekitarnya.

    Akibat dari serangan yang terjadi pada hari Jumat (6/5) ini, Aljazeera melansir setidaknya 30 orang tewas dan puluhan lainnya mengalami luka-luka. Dilaporkan juga bahwa beberapa kemah hancur, sedangkan kerusakan tersebar merata di seluruh wilayah pengungsian. Mendapati hal ini, para pengungsi memilih untuk pindah ke kamp-kamp lain yang berbatasan langsung dengan wilayah Turki.

    Mengenai hal ini, Zeid Ra’ad al-Hussein yang menjabat sebagai Komisioner Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia menyatakan bahwa kejadian yang terjadi di Kamp Kamuna merupakan kejahatan perang dan bersumpah akan mengadakan penyidikan untuk mengetahui siapa yang bertanggungjawab atas serangan tersebut.

    “Staff kami bersama dengan organisasi lainnya akan melakukan penyelidikan untuk mengetahui dan merekam bukti dari kejahatan perang yang menimpa orang-orang lemah ini,” katanya seperti yang dikutip oleh Reuters, Jumat (6/5). Ia juga menambahkan bahwa serangan ini disinyalir dilakukan oleh Pemerintah Suriah, dan pihaknya tengah melakukan verifikasi atas hal tersebut.

    Zeid juga menuturkan bahwa korban jiwa mungkin saja bertambah mengingat banyaknya korban yang mengalami luka serius akibat serangan tersebut, termasuk di dalamnya wanita dan anak-anak.

    Sebagaimana diketahui, serangan udara terjadi di wilayah Aleppo selama dua pekan terakhir. Pihak Pemerintah Suriah meluncurkan ratusan rudal dan misil-misil lainnya ke wilayah sipil dengan tujuan untuk memukul mundur pasukan oposisi dari wilayah Aleppo dan sekitarnya. Tercatat tidak kurang dari 300 orang tewas dan ribuan lainnya mengalami luka-luka akibat serangan ini.

    Reporter     : Andi Fikri

    Post Tagged with , , ,

Leave a Reply