• Serunya Character Development Program bersama Panti Asuhan Yatim Piatu Rumah Mardhotillah

         www.republika.co.id       Tepat pukul 09.47 pada tanggal 28 Februari 2016 bertempat di Auditorium James Hummuntal Hutasoilt Fakultas Peternakan IPB. Sebanyak 30 peserta yang berasal dari Rumah Mardhotillah menghadiri acara “Character Development Program” yang diselenggarakan oleh Famm Al-An’aam IPB. Para peserta berasal dari panti asuhan yatim piatu yang dimiliki oleh seorang alumni mahasiswa Fakultas Peternakan, yaitu Kak Catur. Peserta terdiri dari berbagai umur, dari mulai anak kelas 3 SD hingga 3 SMA.

          Kedatangan peserta dari Rumah Mardhotillah didampingi oleh pemilik yayasan. Mereka terlihat antusias walaupun Bogor sedang diguyur hujan. Kehadiran peserta juga disambut dengan pemutaran video dan pembukaan oleh Kak Lukman, mahasiswa IPTP dan Kak Bagus, mahasiswa INTP. Acara lalu dilanjutkan dengan tilawah dan beberapa sambutan, di antaranya dari Aan Ardiansyah sebagai ketua panitia, dan Kak Catur. Dalam sambutannya, Kak Catur mengatakan bahwa acara ini bukan merupakan acara satunan yatim piatu, namun acara ini bertujuan untuk pemberdayaan karakter para peserta, sehingga peserta memiliki impian yang tinggi. Selain itu acara ini juga bertujuan sebagai ajang pengenalan area kampus kepada peserta.

          Sehubungan dengan judul acara ini, materi yang disampaikan pun harus menggugah semangat dan penuh motivasi. Materi pertama disampaikan oleh Kak Sutata atau yang memiliki nama beken TataKhan, seorang penyiar radio Bahana FM dan komedian yang sering tampil di layar televisi seperti Metro TV, Net, dan MNC TV. TataKhan juga pernah mengikuti beberapa even stand up comedy, seperti pada Stand Up Comedy Show Djarum Super Mild UNJ. Penampilannya yang kocak dan menarik mampu menghibur peserta acara ini.  TataKhan juga menyampaikan materi mengenai Stand Up Motivation Meraih Mental Juara.

          Setelah melakukan solat dzuhur, peserta dan panitia makan bersama dengan makanan yang telah disediakan. Kegiatan dilanjutkan dengan agenda selanjutnya, yakni membuat nugget bersama Kak Abdul (IPTP 48). Sebelum membuat nugget, peserta diberi senam pemanasan agar lebih antusias.

          Pembuatan nugget dipraktikkan terlebih dahulu oleh Kak Abdul. Setelah menggunakan masker dan sarung tangan agar higienis,  bahan-bahan dan alat-alat yang digunakan diperkenalkan kepada peserta. Kemudian demo memasak dimulai. Setelah dilakukan demo, peserta mulai membuat nugget dengan penuh antusias. Para panitia juga menyemangati mereka. Nugget yang telah dibuat lalu digoreng dan disajikan dengan hiasan yang apik.

          Untuk cara penyajian nugget, peserta dibiarkan berkreasi. Namun, penyajian yang terbaik mendapatkan hadiah. Dan hadiah itu jatuh ke tangan kelompok Anisa. Ada juga hadiah yang diserahkan untuk mereka yang berani mengungkapkan cita-citanya. Untuk mereka yang hafal surat tertentu juga diberikan apresiasi berupa hadiah dari panitia. Sambil menyimak pengumuman hadiah dari panitia, para peserta menikmati yoghurt. Setelah itu dilakukan doa bersama dan acara ditutup dengan foto bersama antara peserta dan panitia. Pukul 15.30 acara pun usai.

          Nur Khamidah sebagai koordinator akhwat Famm Al-An’am mengatakan bahwa selain memperkenalkan pendidikan yang lebih tinggi kepada peserta panti asuhan, acara ini juga bertujuan memberikan motivasi lebih kepada anak yatim piatu untuk melanjutkan pendidikan. Selain itu, acara ini juga sebagai wadah silaturrahmi pengurus FAMM saat ini dengan alumni. Acara “Character Development Program” merupakan acara pertama yang diadakan oleh FAMM Fapet IPB dan belum pernah diselenggarakan sebelumnya, Khamidah juga berharap acara ini bisa dijadikan agenda rutin per tahun serta mampu bekerjasama dengan alumni sehingga anak-anak memiliki minat lebih terhadap kuliah. Salah seorang peserta kelas 3 SMA, Nur Aini merasa senang dengan acara ini,  ia menilai bahwa kegiatab yang dilakukan bagus dan bermanfaat. Ia mendapatkan banyak motivasi untuk lebih baik ke depannya untuk mencapai cita-cita melalui acara ini.  (Mega/TRH)

    Post Tagged with , ,

Leave a Reply