• Membiasakan Diri Bangun Lebih Awal dan Berangkat Pagi

    antarafoto-Berangkat-Sekolah-Indramayu-150713-Dedhez       Menjadi seorang mahasiswa adalah suatu keadaan yang sangat menantang. Bagaimana tidak, mahasiswa akan menjalani rutinitasnya dengan kuliah, praktikum, membuat laporan, dan ikut kegiatan non-akademik. Semua hal itu harus diatur dengan baik. Kita harus pintar membagi waktu yang sedikit ini untuk kegiatan yang sangat banyak. Tepat waktu menjadi perkara wajib agar setiap kegiatan kita berjalan dengan baik dan sesuai dengan rencana.

             Kuliah adalah salah satu hal yang membutuhkan ketepatan waktu. Kita harus hadir beberapa menit sebelum perkuliahan dimulai, minimal tepat waktu. Oleh karena itu, agar kita siap dalam menjalani aktivitas selama satu hari dengan tepat waktu, kita perlu membiasakan diri untuk berangkat pagi. Memang sulit untuk membiasakan diri berangkat pagi, tetapi manfaat yang akan kita dapatkan begitu besar.

              Pertama, kita lebih siap dalam beraktivitas. Tubuh kita ini harus ibarat mesin yang sudah “dipanaskan” sehingga tidak “kaget” karena melakukan  aktivitas secara tiba-tiba. Maka “pemanasan” pada pagi hari diperlukan. Apa saja bentuk “pemanasan” yang bisa kita lakukan? Hal ini dapat dimulai dari bangun tidur di awal waktu seraya membaca doa. Usahakan supaya kita bangun di sepertiga malam untuk memulai hari dengan ibadah sunnah yang luar biasa keutamaannya, yaitu sholat tahajud. Setelah itu kita bisa mengisi waktu sebelum subuh dengan tilawah Al-Quran atau berdzikir. Hal ini juga akan menjaga kita sehingga tidak terlambat untuk melaksanakan sholat subuh. Lalu usai sholat subuh kita bisa mengisi kegiatan dengan membaca dzikir Al-Ma’tsurat, mempersiapkan materi untuk kuliah atau praktikum yang sudah terjadwal, sholat dhuha jika sudah memasuki waktunya, dan tentunya tidak melewatkan sarapan pagi.

            Kedua, tubuh kita terasa segar karena menghirup udara yang belum terpapar oleh asap kendaraan. Udara yang segar dan bersih di pagi hari secara ilmiah akan meningkatkan sistem imun dalam tubuh, karena ikut meningkatknya produksi sel pembunuh kuman alami dalam tubuh. Selain itu, udara pagi yang bersih juga dapat mengurangi rasa cemas yang membuat stres dalam tubuh cenderung menurun, serta meningkatkan energi hingga 90%. Kita bisa menikmati karunia Allah SWT di pagi hari dengan pikiran yang tenang dan hati yang nyaman. Insya Allah proses belajar kita pun akan berjalan dengan baik dan kita diberi kemudahan dalam memahami materi yang akan disampaikan.

          Ketiga, kita bisa mengatur waktu dengan lebih baik. Dengan berangkat pagi, aktivitas kita selanjutnya dapat disusun secara baik dan berjalan sesuai rencana atas izin Allah. Hal itu juga disebabkan berkah pagi yang tidak kita lewatkan. Waktu sehabis subuh memang sudah seharusnya tidak digunakan untuk tidur kembali. Bahkan dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW berdoa untuk umatnya agar menjadi kumpulan manusia yang gemar beraktivitas di awal waktu. Nabi Sholallahu ‘alaihi wa salam berdoa, “Ya Allah, berkahi lah umatku di pagi hari (HR. Abu Dawud nomor 2239).

          Membiasakan berangkat pagi memang suatu perkara yang tidak mudah. Jika tidak terbiasa melakukannya, kita akan merasa berat untuk menjalaninya. Bagi orang yang tidak terbiasa berangkat pagi, ada beberapa cara yang dapat ditempuh agar ia bisa berangkat pagi. Pertama, tidak tidur larut malam. Tidur terlalu malam membuat tubuh kita terlalu lelah sehingga membutuhkan isitrahat yang banyak. Akibatnya, kita susah untuk bangun lebih pagi dan tubuh kita terasa lemas. Kedua, menyetel alarm dengan waktu yang lebih pagi. Walaupun cara ini kurang efektif untuk sebagian besar orang, alangkah baiknya kita berusaha untuk bangun lebih pagi dengan cara ini. Ketiga, minta bantuan teman yang sudah terbiasa bangun pagi untuk ikut membangunkan kita di awal waktu. Keempat, mandi beberapa saat setelah bangun tidur. Dengan mandi lebih awal, badan kita akan terasa segar dan rasa kantuk mulai berkurang.

            Sebenarnya, masih banyak cara yang dapat kita lakukan untuk bisa berangkat pagi, tergantung dari kebiasaan dan kemauan kita. Ingat! Segala sesuatu tidak akan pernah terlaksana jika kita tidak memiliki niat untuk melakukannya. Yuk, bangun lebih awal dan berangkat pagi!

    -ARP-

    Post Tagged with

Leave a Reply