• Kepemimpinan dalam Islam

    #Khutbah_Notes_005
    Jum’at, 15 April 2016
    @Masjid Al-Hurriyyah IPB
    Ustadz Didin H.

         Islam tidak mengenal dikotomi serta tidak memisahkan antara dunia dan akhirat. Maka salah apabila seorang muslim berpendapat bahwa urusan pemimpin hanyalah urusan dunia, atau pemimpin hanya masalah memenangkan konstelasi politik saja.

    Maka di dalam pandangan Islam ada empat syarat pokok yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin:

    1. Beriman dan taat, serta patuh pada seluruh ketentuan Allah SWT. Mereka mampu menginternalisasi nilai2 Islam dlm kehidupannya. ‘Tidak ada iman pada orang yg tidak ada amanah.’ Maka iman dan amanah adalah titik penting yang menentukan kredibilitas seorang pemimpin muslim.

    2. Mereka yg menegakkan shalat.
    Tidak akan berhasil seorang pemimpin yg tidak menegakkan shalat. Sebab shalat adalah indikator yg menentukan kualitas seseorang. Tanpa shalat, maka manusia akan dikendalikan oleh nafsu sehingga tidak akan mampu membawa rakyatnya kepada kebaikan.

    3. Membayar zakat.
    Zakat menyebabkan seseorang memiliki kredibilitas dalam hidup. Di dalamnya ada etos kerja dalam mencari rejeki yang halal.

    4. Mereka yang rukuk dan sujud.

         Oleh karena itu, bukan lagi saatnya kita mengikuti stereotipe yang mengatakan bahwa kepemimpinan tidak berhubungan dengan Islam sama sekali. Akan tetapi justru keberhasilan dari kepemimpinan seseorang berkaitan sangat erat dengan keimanannya pada Allah SWT.

    Allahu a’lam

    Kind Regards,
    Andi Fikri

    Post Tagged with

Leave a Reply