• Press Realese : Surat untuk Sahabat

    press release LDK - 27032016Sabtu sore yakni pada tanggal 26 Maret 2016, di depan gerbang Asrama Putri PPKU IPB nampak beberapa orang mahasiswi tengah berdiri dan membawa sesuatu berwarna warni yang tampak cantik di tangan mereka. Para mahasiswi tersebut  menghampiri setiap adik-adik insan asrama yang akan masuk maupun keluar dari gerbang asrama. Mereka adalah para pengurus LDK Al Hurriyyah IPB yang sedang mengadakan kegiatan bertajuk ‘Surat untuk Sahabat’. Dihiasi senyum ceria dan wajah yang ramah,  kakak-kakak dari LDK Al Hurriyyah IPB membagikan stiker dan surat untuk adik-adik PPKU 52. Tak lupa di saat membagikan stiker dan surat, ucapan “Semangat ujian ya.“, dilontarkan sebagai penambah semangat untuk adik-adik.

    Memang tak lama lagi, tepatnya mulai tanggal 31 Maret 2016, semua mahasiswa kampus Institut Pertanian Bogor akan menghadapi agenda rutin di setiap semester yang bernama Ujian. Baik itu Ujian Tengah Semester (UTS) maupun Ujian Akhir Semester (UAS), bagi sebagian mahasiswa ujian masih dianggap momok yang ‘mengerikan’. Yah, di kampus ini memang sebagian besar nilai mahasiswa ditentukan oleh bagaimana nilai ujiannya. Nilai mereka semester ini akan menentukan pula nilai untuk semester berikutnya yang disebut Indeks Prestasi Kumulatif atau IPK. Bagi Mahasiswa baru yakni adik-adik mahasiswa 52 Program Pendidikan Kompetensi Umum (PPKU) Ujian Tengah Semester ini menjadi yang kedua kalinya mereka hadapi sehingga mereka tampak lebih tenang dan lebih santai dibanding dengan UTS semester kemarin.

    Stiker berwarna merah muda bertuliskan, Manisnya Ilmu bukan karena nilai yang dicapai. Melainkan berkat kejujuran dan amal yang kita semai“, berhasil menarik perhatian adik-adik insan asrama. Pesan yang ingin disampaikan melaui ‘Surat untuk Sahabat’ dan stiker ini adalah bahwa ujian bukan semata-mata untuk mencari nilai melainkan ujian hayalah salah satu tahap dari proses yang panjang dalam kita menuntut ilmu di kampus ini. Apapun hasilnya kelak kita harus tetap dengan niat mencari ridha Allah SWT karena Dia lah yang layak menilai usaha kita sebagai hambaNya.

    IMG_20160326_174258Momen ujian ini juga seharusnya kita gunakan untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT denganmemperbanyak amal kita. Ya ibarat nilai, jika hasil ujian itu adalah buah-buahan, maka amal adalah benih yang saat ini kita tanam. Usaha adalah bagaimana kita merawat benih yang tumbuh itu sehingga nanti hasilnya akan sesuai apa yang kita harapkan.

    Kegiatan pembagian ‘Surat untuk Sahabat’ ini berlangsung selama sekitar satu jam. Adik-adik insan asrama terlihat sangat antusias mengambil stiker dan ‘Surat untuk Sahabat’ yang dibawa oleh kakak-kakak LDK. Banyak dari adik-adik insan asrama yang membawa pulang lebih dari satu stiker untuk kemudian mereka berikan kepada teman sekamar atau teman satu lorongnya. Sekitar lima ratus stiker berhasil dibagikan sore itu. Adanya kegiatan ini selain untuk memberikan semangat menjelang Ujian Tengah Semester kepada adik-adik PPKU juga untuk lebih mendekatkan Lembaga Dakwah Kampus Al Hurriyyah kepada mahasiswa.

    “Belajar itu dari apa yang kita lihat, kita dengar, kita pikirkan, dan yang kita rasakan. Maka tak hanya mata, telinga, dan otak yang harus bekerja keras, namun juga hati.” (Faiza)

    Penulis : Faiza

    Redaktur : Nasiba

Leave a Reply