• Temukan Hatimu

    hatiSering perasaan kita merasa gundah, resah dan gelisah. Sehingga kita merasa malas dalam beraktivitas. Masalah ini timbul karena berbagai faktor. Namun, penyebab utama timbulnya perasaan itu adalah jauhnya kita dari Allah SWT. Sebagai muslim yang taat, tidak seharusnya kita melampiaskan kegelisahan, kegundahan dan keresahan dengan melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat, apalagi sampai melakukan kemaksiatan. Banyak amalan yang bisa kita lakukan seperti perbanyak dzikir mengingat Allah, tilawah serta berkumpul dengan orang orang-orang shaleh.

    Ibnu Qayyim mengatakan,” Sesungguhnya dalam hati terdapat sebuah sobekan yang tidak bisa dijahit kecuali menghadap penuh kepada Allah SWT. Di dalamnya juga ada sebuah keterasingan yang tak mampu diobati kecuali dengan menyendiri bersama Allah. Di dalam hati juga ada sebuah kesedihan yang tidak akan mampu diseka kecuali oleh kebahagiaan yang tumbuh karena mengenal Allah dan ketulusan berinteraksi dengan-Nya. Di dalam hati juga terdapat kegelisahan yang tidak mampu ditenangkan kecuali dengan berhimpun karena Allah dan pergi meninggalkan kegelisahan itu menuju Allah. Di dalam hati juga terdapat gejolak api yang tidak mampu dipadamkan kecuali oleh keridhaan akan perintah, larangan, dan keputusan Allah, yang diiringi dengan ketabahan dan kesabaran sampai tiba saat perjumpaan dengan-Nya.”

    Dari perkataan Ibnu Qayyim, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa berbagai penyakit hati dapat diobati dengan cara “mengenal Allah”. Dengan cara ini kita dapat menemukan ketenangan serta kedamaian hati, InsyaAllah. Hal serupa juga diungkapkan oleh Imam Abu Hamid Al Ghazali.

    Imam Abu Hamid Al Ghazali berkata” Carilah hatimu ditiga tempat, pertama, ketika membaca Al Qur’an; kedua, ketika shalat; dan ketiga ketika mengingat kematian. Jika di tiga tempat tersebut engkau belum menemukan hatimu, maka mohonlah kepada Allah untuk memberimu hati, sebab engkau tidak mempunyainya.”

    Saudaraku, marilah kita dekatkan diri pada Allah SWT, agar dapat memperoleh ketenangan serta kedamaian hati. Jika belum menemukan hati, maka periksalah shalat kita, tilawah kita, ibadah kita, apakah kita sudah melakukannya dengan sepenuh hati ? (Aya)

    Wallahualam…

    Post Tagged with

Leave a Reply