• Press Release: Pelantikan Bersama Pengurus Lembaga Al-Hurriyyah 1437 H

     

    “Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang berperang di jalan-Nya dalam barisan yang teratur, mereka seakan-akan seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh.”

    QS. Ash-Shaff: 4

    Pada Senin, 8 Februari 2016 di Auditorium Gizi Masyarakat dan Sumber Daya Keluarga (GMSK), Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor, diadakan kegiatan pelantikan bersama pengurus lembaga Al-Hurriyyah periode 1437 H. Tujuan dari pelantikan bersama ini adalah menguatkan ukhuwah dan meningkatkan sinergi antar lembaga yang tergabung di bawah naungan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al-Hurriyyah IPB. Pengurus yang dilantik berasal dari empat lembaga, yaitu Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Al-Hurriyyah, Lembaga Pengajaran Quran (LPQ), Bimbingan Remaja dan Anak (Birena), dan Islamic Student Center (ISC) IPB.

    Kegiatan dimulai pada pukul 08.20 WIB dan dilanjutkan dengan tilawah Al-Quran surat Ash-Shaff:1-9. Kemudian kegiatan disambung dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Al-Hurriyyah. Selama bernyanyi, pengurus nampak berdiri dengan khidmat dan bersemangat saat melantunkan lirik, “bangun, bangkit, bergerak di jalan Islam” pada Mars Al-Hurriyyah. Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan sambutan oleh ketua panitia pelantikan bersama, Muhammad Faaruq, mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Manajemen angkatan 49. Dalam sambutannya, Faaruq menyampaikan bahwa barisan yang baik haruslah teratur, sehingga akan semakin kuat dan kokoh. Begitu pula dalam berorganisasi atau beramal jama‘i, setiap pengurus harus saling menguatkan dan menjalin ukhuwah islamiyah sehingga barisan dalam kepengurusan akan senantiasa kokoh dan rapat.

    Usai sambutan, kegiatan berlanjut dengan pemutaran video lembaga dan orasi dari setiap ketua lembaga terpilih tahun kepengurusan 1437 H. Pemutaran video dan orasi diawali dengan jargon kegiatan pelantikan yang disuarakan penuh semangat, yaitu “lingkaran pelangi: merajut ukhuwah di jalan dakwah. Allahu Akbar!” Kemudian pemutaran video dan orasi pun dimulai dari ketua lembaga LDK Al-Huriyyah, Harun Subkhi. Lalu dilanjutkan oleh ketua lembaga LPQ, Satria Muhammad Ikhsan, diikuti oleh ketua lembaga Birena, Andyka Eka Syahputra, dan terakhir oleh ketua lembaga ISC, Muhammad Reza Fadhlillah.

    Orasi yang luar biasa dari masing-masing lembaga telah disampaikan. Kegiatan selanjutnya adalah pemberian taujih oleh ketua DKM Al-Hurriyyah, Ustadz Drs. E. Syamsuddin. Salah satu hal yang beliau sampaikan dalam taujih menginspirasinya adalah mengenai QS. Al-Hajj: 40 yang berbunyi, “Allah pasti akan menolong orang yang menolong (agama)-Nya. Sungguh Allah Maha Kuat, Mahaperkasa.” Beliau lalu melanjutkan, salah satu perbuatan menolong agama Allah, ialah dengan meramaikan masjid dalam artian yang positif dan bermanfaat. Usai bertaujih, Ust. Drs. E. Syamsuddin memberikan bendera lembaga kepada setiap ketua lembaga terpilih sebagai tanda telah resminya pergantian kepengurusan dari periode 1436 H ke periode 1437 H. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ikrar oleh seluruh pengurus baru, dipimpin Ustadz Drs. E. Syamsuddin. Ikrar pengurus dimulai dengan membaca ta‘awwudz, basmallah, dua kalimat syahadat, serta janji untuk selalu bertaqwa kepada Allah, memegang teguh komitmen dalam berdakwah dan berorganisasi, serta senantiasa menjalin ukhuwah islamiyah.

    Setelah itu, kegiatan disambung dengan hiburan berupa syahril Quran dari tim Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) yang menyentuh dan menginspirasi. Lalu kegiatan ditutup dengan pembacaan doa dan foto bersama antar lembaga. Kegiatan berakhir pada pukul 11.55 WIB. Jargon masing-masing lembaga pun memenuhi seantero auditorium. LDK dengan jargonnya, “LDK Al-Hurriyyah: inspiring people, Allahu Akbar! In action”, lalu LPQ dengan jargonnya, “LPQ Al-Hurriyyah: yakin, ikhlas, semangat beramal, Allahu Akbar!”, kemudian Birena dengan jargonnya, “Birena Al-Hurriyyah: semangat membina, dengan cerdas, ceria. Allah, Allah, Allahu Akbar!”, serta ISC dengan jargonnya, “ISC Al-Hurriyyah: lakukan kebaikan untuk yang terbaik.”

     

    Sumber Daya Manusia Lembaga Al-Hurriyyah

    Periode Kepengurusan 1437 H

     

Leave a Reply