• Mahasiswa Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor Mengkampanyekan Hari Tutup Aurat

    FormatFactoryIMG_1553Media Alhurriyyah, Bogor –  Pada peringatan Hari Tutup Aurat (HTA) se-Indonesia, ratusan mahasiswa Institut Pertanian Bogor yang tergabung dalam FSLDK (Forum Silaturahim Lembaga Dakwah Kampus) Institut Pertanian Bogor membagikan hijab gratis di lingkungan kampus IPB Dramaga, Minggu (14/02/2016).

    Acara dimulai pada pukul 08.20 WIB dengan longmarch dari Masjid Al-Hurriyyah sampai ke Graha Widya Wisuda (GWW). Kemudian massa membagikan ‘amunisi’ berupa hijab, pin dan sticker kepada orang-orang yang sedang berada disekitar lokasi. Selain membagikan hijab, mereka juga mendirikan stand yang berada di dua titik yaitu Agrimart 2 dan Media Center. Fungsi dari stand ini adalah pusat pembagian hijab, sekaligus mengajarkan bagaimana menggunakan hijab yang syar’i.

    Menurut Edwin yang merupakan ketua Lembaga Dakwah Fakultas Kedokteran Hewan (LDF An-Nahl), dibutuhkan waktu sekitar lima hari untuk mempersiapkan HTA ini. Persiapan tersebut berupa penggalangan bank hijab dari seluruh mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan angkatan 49, 50, dan 51. Bank hijab ini bertujuan untuk mengumpulkan hijab yang sudah tidak terpakai lagi oleh mahasiswa namun masih baik kondisinya dan syar’i, kemudian akan dibagikan kepada masyarakat yang sedang berada di sekitar lingkungan kampus, khususnya di sekitar lokasi HTA. Selain hijab, mereka juga mengumpulkan pakaian syar’I yang masih layak digunakan.

    “Tujuan kami mengadakan HTA adalah untuk memperingati bahwa kebanyakan pada tanggal 14 Februari digunakan sebagai hari Valentine atau hari kasih sayang, sedangkan kita tahu bahwa hari kasih sayang bukan hanya pada tanggal 14 Februari, tetapi setiap hari semua kasih sayang itu seharusnya tercurah. Kemudian muncul inisiatif untuk menetapkan tanggal 14 Februari sebagai hari tutup aurat untuk mengajak teman-teman yang belum berhijab atau belum menutup aurat, untuk belajar menutup auratnya” ujar Edwin.

    Selain mengikuti peringatan HTA di IPB, LDF Fakultas Kedokteran Hewan juga mengirimkan delegasinya untuk mengikuti peringatan HTA di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta.

    “Harapan untuk HTA tahun depan adalah harus lebih besar lagi. Tahun ini kita baru  bisa mendirikan beberapa stand untuk make over hijab, semoga tahun depan stand yang kami dirikan bertambah di tempat-tempat yang lebih strategis.” tambah Edwin.

    Ia juga mengatakan bahwa kegiatan ini diharapkan secara perlahan memberikan dampak positif berupa perubahan kesadaran pada masyarakat untuk menutup aurat secara syar’I  meskipun seandainya tahun ini belum berhasil mengajak seluruh masyarakat untuk menutup aurat secara syar’i. (Adam Firdaus/Nasiba)

Leave a Reply