• Hari Tutup Aurat Cluster Institut Pertanian Bogor

    FormatFactory_MG_1430Minggu adalah hari yang menurut orang cocok untuk berolah raga. Namun ada hal yang berbeda bagi mahasiwa/i di IPB. Hari ini (14/2) bertepatan dengan Hari Tutup Aurat. Hari Tutup Aurat adalah hari dimana para umat muslim, khususnya di Indonesia, turun ke jalan untuk mengingatkan saudara sesama muslim untuk senantiasa menutup aurat secara syar’i.

    Menurut ketua IKMP (Ikatan Keluarga Muslim PPKU), Muhammad Zulkifli, selain untuk mengingatkan sesama muslim, HTA juga bertujuan untuk menutup isu valentine yang sudah melekat pada remaja di era modern sekarang. HTA yang diperingati oleh mahasiswa/i IPB diadakan dalam bentuk aksi orasi, longmarch dan pembagian hijab gratis kepada masyarakat dan mahasiswa yang berada di dalam area kampus.

    Briefing panitia yang beranggotakan semua Lembaga Dakwah di IPB (Lembaga Dakwah Fakultas dan Lembaga Dakwah Kampus Al Hurriyyah) dimulai pukul tujuh pagi, dipimpin langsung oleh Kabid Keakhwatan LDK Al Hurriyyah. Acara HTA dimulai dengan melakukan longmarch dari Masjid Al Hurriyyah sampai ke Gedung Graha Widya Wisuda (GWW) yang diikuti oleh seluruh LDF dan juga adik-adik asuh Lembaga Birena Al Hurriyyah.

    Sorak-sorai peserta longmarch menghiasi jalanan lingkar kampus IPB. Sesampainya di area GWW, para peserta membagikan hijab dan ‘amunisi’ seperti bros dan sticker kepada pengunjung termasuk para adik Birena. Ada hal yang unik yang terjadi dimana salah satu peserta paling muda, kisaran masih batita, memberikan kerudung kepada ibu-ibu dan remaja sekitar, tentunya dengan didampingi oleh kakak pengasuh Birena.

    Dari GWW, para peserta langsung menuju ke stand-stand yang sudah ditentukansebelumnya. Stand acara dibagi menjadi dua tempat yakni di Plaza Soekarno dan di area Agrimart 2. Acara di Plaza soekarno berupa pembagian hijab syar’i secara gratis sekaligus pelatihan menggunakan hijab secara syar’i. Hal serupa juga terjadi di stand Agrimart 2, banyak pengunjung yang mendatangi untuk mendapat hijab gratis.

    “Awalnya penasaran, kenapa banyak orang dan banyak kerudung yang di jajakan” kata ibu Tria, salah satu pengunjung stand Agrimart 2. Di stand Agrimart 2 memang banyak pengunjung yang mayoritas ibu-ibu yang sedang belanja. Hal itu dikarenakan setiap hari minggu juga ada pasar tumpah di pasar Bara (Babakan Raya) yang kebetulan Agrimart 2 bertempat di samping pasar tersebut.

    Acara HTA sangat penting diadakan, karena dengan adanya HTA para muslim terutama muslimah bisa mengetahui bagaimana menutup aurat atau berhijab secara syar’i. Menurut Bu Fani, salah satu pengunjung stand Agrimart 2, acara ini patut diadakan setiap tahunnya agar semua muslimah di area IPB tahu tentang kewajiban berhijab dan tahu bagaimana berhijab yang sesuai dengan perintah Allah Swt. (Ngudi/Nasiba)

    #clusteripb

Leave a Reply