• Berdo’alah di Sepertiga Malam Terakhir

    adab-waktu-tempat-berdoa-1024x680Allah SWT senang pada hamba-Nya yang senang berdo’a. Sebaliknya, Allah melaknat orang yang enggan untuk berdo’a. Orang demikian disebut Allah sebagai orang yang sombong. Allah berfirman yang artinya :

    “Berdoalah kepadaKu,aku akan kabulkan doa kalian. Sungguh orang-orang yang menyombongkan diri karena enggan beribadah kepadaKu, akan dimasukkan ke dalam neraka jahannam dalam keadaan hina dina”.

    Allah SWT menciptakan waktu 24 jam dalam sehari, 30 hari dalam sebulan dan 12 bulan setahun. Diantara waktu-waktu tersebut ada waktu yang mustajab. Apabila seorang hamba berdoa dan memohon kepada-Nya, maka dikabulkanlah doanya, InsyaAllah. Banyak waktu yang mustajab untuk berdoa diantaranya sepertiga malam terakhir, hari jum’at, ketika sujud, ketika hujan, ketika berbuka puasa, antara adzan dan iqamat, dan ketika malam lailatur qadar. Kali ini akan fokus membahas waktu sepertiga malam.

    Rasulullah bersabda :

    Saat paling dekat seorang hamba dengan Tuhannya adalah sepertiga malam yang terakhir”.(HR At Turmudzi)

    “Sesungguhnya diantara waktu malam itu terdapat sebuah saat. Setiap hamba muslim pun yang ketika itu memohon kepada Allah kebaikan  dunia akhirat, Allah akan memberinya apa yang ia minta”.(HR Bukhari dan Muslim)

    Rabb kita turun ke langit dunia pada sepertiga malam yang akhir pada setiap malamnya. Kemudian berfirman :’Orang yang berdo’a kepada-Ku akan Ku-kabulkan, orang yang meminta sesuatu kepada-Ku akan Ku-berikan, orang yang meminta ampunan dari-Ku akan Ku-ampuni”. (HR Bukhori no. 1145, Muslim no. 758)

    Berdasarkan hadist-hadist di atas maka jelaslah, bahwa sepertiga malam merupakan waktu yang mustajab untuk berdoa. Namun sering kali kita menyia-nyiakan waktu tersebut. Sering sekali tidur kita terlalu pulas hingga waktu ini terlewat begitu saja. Atau mungkin dosa-dosa kita yang menghalangi kita untuk bisa merasakan nikmatnya shalat malam. Wallahualam


    (Riyani/Nasiba)

    Post Tagged with ,

Leave a Reply