• AMALAN PAGI HARI SUPAYA HIDUP BERKAH

    Assalamu’alaikum kawan-kawan muslim dan muslimah. Diriwayatkan dari Shakhr al-Ghamidi, dan Rasulullah SAW; beliau berdo’a:

    “Ya Allah berkatilah umatku pada pagi hari mereka.”

    Do’a Nabi SAW tentu merupakan do’a yang mustajab. Maka barangsiapa yang membiasakan diri memulai pekerjaannya dan kegiatannya pagi-pagi, niscaya dia akan merasakan secara nyata, bahwa pagi hari adalah waktu yang tidak bisa disamakan dengan waktu manapun sepanjang hari. Hal itu berlaku dalam segala hal, hingga menyangkut udaranya yang cerah dan segar.

    Sudah menjadi realita di kalangan para mahasiswa, apalagi laki-laki., pada pagi hari mereka sering sekali tidur lagi. Mungkin banyak alasannya, bisa jadi karena semalamnya begadang untuk mengerjakan tugas, belajar, kumpul sama teman-teman, atau ada juga yang begadang sampai larut malam hanya untuk memainkan smartphonenya, sibuk dengan sosial medianya atau hanya sekedar bermain game. Memang tidak dapat dipungkiri lagi kalo mahasiswa itu sangat sibuk dan kadang juga memerlukan hiburan untuk menghilangkan stress. Namun mahasiswa harus pandai-pandai mengatur waktu tidurnya. Tidur diusahakan sebelum jam 11 agar bisa bangun pagi. Karena tubuh juga perlu istirahat yang cukup, tubuh wajib istirahat pada jam 11 sampai jam  2 malam. Ada juga sebagian ulama salaf yang apabila melihat salah seorang anaknya tidur di waktu pagi, maka dibentaknya anak itu seraya berkata kepadanya: “Pantaskah kamu tidur di saat seperti ini, di mana rezeki dibagikan?!”. Kalo pagi harinya berkualitas, insya Allah berkah sepanjang hari.

    Ada juga tujuh amalan yang bisa kita lakukan agar pagi hari kita menjadi berkah. Ketujuh hal itu adalah sebagai berikut.

    1. Membiasakan bangun pagi. Rasulullah SAW bersabda: “Umatku ini diberkati ketika bangun pagi-pagi” (HR. Thabrani). Bangun pagi itu sangat nikmat, kita bisa melakukan berbagai aktifitas yang positif. Pagi hari merupakan waktu yang asyik untuk memulai berbagai aktivitas. Jadi, jangan tidur lagi setelah subuh!
    2. Membaca Al Qur’an. Setelah subuh kita bisa menggunakan waktu kita untuk mengaji, jangan sampai tidur lagi. Pagi hari merupakan waktu terbaik untuk tilawah atau muraja’ah hafalan kita.
    3. Berdzikir. “Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut nama Allah), dzikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepadaNya di waktu pagi dan petang” (QS. Al Ahzaab: 41-42). Biasakanlah diri berdzikir di pagi hari, misalnya dengan membaca al matsurat, meskipun hanya sebentar.
    4. Menyegerakan mandi. Selain akan memberikan kesegaran lebih awal, waktu untuk melakukan persiapan sebelum menjalani rutinitas harian di luar rumah bisa dilakukan lebih awal, sehingga mencegah adanya barang tertinggal atau urusan yang terselip, termasuk terhindar dari berangkat terburu-buru. Dengan begitu insyaAllah  semua akan berjalan sesuai rencana. Baik mau kuliah atau kerja, segerakan mandi terlebih dahulu.
    5. Beramal. Dapat dilakukan dengan membantu orang lain, membantu bersih-bersih di lingkungan,  atau mungkin dengan memberi sedekah berupa makanan kepada orang lain dan masih banyak amal baik yang bisa kita lakukan.
    6. Mulai beraktivitas. Lakukan kegiatan rutinitas kita dengan maksimal dan diniatkan ibadah kepada Allah agar menjadi berkah.
    7. Sholat dhuha. “Siapapun yang rutin shalat dhuha, akan diampuni dosanya, sekalipun dosa itu sebanyak busa lautan” (HR. Tirmizi). Jadi, rutinkanlah melakukan sholat dhuha meskipun sesibuk apapun kegiatanmu, karena sholat dhuha sangat banyak sekali manfaatnya.

     

    Hebat sekali kalo kita bisa terus menerus melakukan amalan-amalan tersebut di pagi hari. Insyaallah pagi hari kita menjadi berkah. Selain itu kehidupan kita juga akan semakin baik. Karena kalau pagi hari kita baik dan terasa lancar, insyaallah selama sehari itu kita akan mendapatkan sesuatu yang baik pula serta sehari itu akan terasa lancar. Kita akan merasa tenang dan jika ada masalah juga dapat terselesaikan dengan baik.

    Erdogan (Presiden Turki) juga mencanangkan program nasional yaitu “Gerakan Sholat Subuh Berjama’ah di Masjid”. Program tersebut mendapatkan sambutan yang luar biasa. Sholat subuh di sana menjadi sama ramainya dengan sholat jum’at. Lebih luar biasa lagi para remaja Turki pergi ke masjid dengan mobil-mobil mewah yang di parkir di halaman masjid. Setelah program tersebut dijalankan, ada sesuatu yang menakjubkan. Berbagai kesulitan nasional Turki nampaknya bisa dipecahkan dengan mulus dan lancar karena adanya shalat subuh berjama’ah tersebut.

    Kawan-kawan, begitu luar biasanya pagi hari itu. Sudah tidak diragukan lagi manfaatnya. Jadi, tunggu apa lagi, mari kita perbaiki agenda pagi hari kita, mari kita lakukan amalan-amalan di atas sedikit demi sedikit agar kelak nanti bisa jadi rutinitas yang akan membuat hidup menjadi lebih baik dan diberkahi Allah. (Muhammad Iqbal Nashruddin/Nasiba)

Leave a Reply