• Mukhtamar FSLDK IPB 1437 H

    Jpeg

    Mukhtamar FSLDK IPB 1437 H: Spread Goodness Together

    Bismillahirrahmanirrahim

    “Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar. Mereka itulah orang-orang yang beruntung.” (QS. Ali Imran: 104)

     

    Sebanyak 141 peserta dengan jiwa-jiwa yang merindu kebersamaan dalam jalan dakwah, berkumpul di Auditorium Gizi Masyarakat dan Sumber Daya Keluarga (GMSK), Fakultas Ekologi Manusia, IPB, pada 24 Desember 2015. Tepat pukul 08.15 WIB kegiatan dimulai dan dibuka oleh MC, yaitu Ali Mahmudin dan Suli Hendra. Kegiatan yang akan dilangsungkan dan bertepatan dengan Maulid Nabi Muhammad SAW ini, adalah kegiatan Mukhtamar Forum Silaturahim Lembaga Dakwah Kampus IPB (FSLDKI) kepengurusan 1437 H. Peserta yang hadir merupakan teman-teman seperjuangan dari kepengurusan Lembaga Dakwah Kampus (LDK), Lembaga Dakwah Fakultas (LDF), Ikatan Keluarga Mahasiswa PKU (IKMP) dan Forum Silaturahim Dewan Mushola Asrama (FSDMA) 1436 H dan 1437 H.

    Kegiatan ini diawali dengan pembacaan tilawah Al-Quran surah Ali Imran:101-103 oleh Oki Setiawan dan dilanjutkan dengan pemutaran video. Selanjutnya kegiatan diisi dengan taujih yang disampaikan oleh Ustadz Muchammad Wachid Romadlon, Lc., MA. Taujih yang dibawakan dengan santai namun serius ini, bertemakan Amal Jama‘i. Taujih ini menjadi suatu pembukaan yang tepat sekaligus menjadi semacam brain storming bagi teman-teman yang hadir, khususnya teman-teman FSLDKI 1437 H sebagai bentukan kepengurusan baru. Dalam taujihnya, Ustadz Wachid memaparkan pengertian, tujuan, urgensi, ciri-ciri, dan rukun dalam beramal jama‘i. Amal jama‘i atau dapat diartikan bekerja bersama, penting untuk dipahami, agar dalam beramal teman-teman FSLDKI dapat lebih menghayati kerja-kerjanya dan lebih besar serta tersebar luas manfaat yang diberikannya.

    Usai Ustadz Wachid menyampaikan taujih, suasana audit GMSK semakin terbakar semangat. Jargon, “mari berdakwah bersama” yang diiringi takbir, berkali-kali disuarakan. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pemutaran video tentang FSLDKI kepengurusan 1436 H dan diikuti acara yang sudah ditunggu-tunggu, yaitu Launching Badan Pengurus Harian (BPH) FSLDKI 1437 H. Acara launching ini dipimpin oleh Ketua FSLDKI tahun sebelumnya, 1436 H, yaitu Faishal Rahman. Pada penyampaiannya, Faishal Rahman berterima kasih kepada teman-teman pengurus FSLDKI 1436 H yang sudah berjuang bersama-sama selama satu tahun kepengurusan dan memberikan ucapan selamat kepada teman-teman kepengurusan baru, 1437 H, yang telah dipercayai dan diamanahi sebagai penerus estafet kepemimpinan di FSLDKI. Beliau pun menyebutkan satu per satu nama para qiyadah (pemimpin) yang telah diputuskan berdasarkan hasil musyawarah. Nama-nama tersebut ialah M. Dzulqarnain sebagai Ketua FSLDKI 1437 H, Yestria Apriliana sebagai Koord. Akhwat, Harun Subkhi sebagai Koord. Isu, Maulana Mustova sebagai Koord. Media, Acep Hidayat sebagai Koord. Forum Rohis Kelas IPB (FKRI), dan Hotmaida sebagai Koord. Forum Keluarga Kemuslimahan IPB (FKKI).

    Setelah nama-nama disebutkan, M. Dzulqarnain sebagai perwakilan dari BPH FSLDKI 1437 H maju ke atas panggung dan memberikan sambutan singkat. Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa ada dua capaian dakwah yang ingin digapai. Yang pertama adalah seberapa jauh kita dari bukan apa-apa menjadi semakin dekat dengan Allah dan yang kedua adalah sejauh mana pribadi kita mencerminkan pesona Islam sebagai pesona muslim. Berikutnya ketua FSLDKI 1437 H ini mengumumkan nama-nama pemimpin dari setiap lembaga dakwah yang berada di kampus, baik tingkat fakultas maupun tingkat Program Kompetensi Umum (PKU).

    Barakallah wa innalillah, nama-nama yang terpilih ialah sebagai berikut:

    1. Yulian Hadi sebagai ketua FSDMA
    2. Zulkifli sebagai ketua IKMP
    3. Adi Nugraha Widayatmo sebagai ketua FKRD (LDF Fakultas Pertanian)
    4. Edwin Kordinata sebagai ketua DKM An-Nahl (LDF Fakultas Kedokteran Hewan)
    5. Oki Setiawan sebagai ketua FKMC (LDF Fakultas Perikanan dan Kelautan)
    6. Aan Pariansyah sebagai ketua FAMM Al-An‘am (LDF Fakultas Peternakan)
    7. Rio Ardiansyah Murda sebagai ketua DKM Ibadurrahman (LDF Fakultas Kehutanan)
    8. Ridho Aaraasyi sebagai ketua FBI (LDF Fakultas Teknologi Pertanian)
    9. Ahmad Junaedi sebagai ketua Serum-G (LDF FMIPA)
    10. Farras Muhadzdzib sebagai ketua Formasi (LDF Fakultas Ekonomi dan Manajemen)
    11. Irfan Fadhlurrahman sebagai ketua Forsia (LDF Fakultas Ekologi Manusia)
    12. Harun Subkhi sebagai ketua Lembaga Dakwah Kampus IPB

    Satu per satu nama yang telah disebutkan naik ke panggung dan berorasi di mimbar yang dimoderatori oleh M. Dzulqarnain. Setelah orasi, kegiatan dilanjutkan dengan istirahat dan sholat dzuhur, lalu dimulai kembali pukul 12.30 WIB dengan hiburan dan sharing bersama ketua-ketua yang telah terpilih. Kegiatan berakhir pada pukul 14.15 WIB yang diakhiri dengan doa dan sesi foto bersama.

    “Semoga adanya kegiatan bersama dalam FSLDKI 1437 H ini tetap berlanjut dan tidak terputus.” Ujar salah seorang anggota FKMC, Santi Warsini. “Dengan menggemanya syiar dalam dakwah kampus, saya berharap pesona pribadi muslim dapat lebih terlihat, terutama akhlak dan keteladanannya. Sehingga dakwah ini bisa menyentuh hati teman-teman yang lain dari berbagai lapisan. Tidak harus dari program kerja yang besar, asalkan kecil tapi bermakna.” Kata Faizzah Salma, Koord. Akhwat dari FSDMA.

     

    “Dalam suatu perkumpulan mungkin akan ada konflik, tapi itu lebih baik dari pada bekerja sendirian.”

    Ali ibn Abi Thalib

    -SMY-

    Post Tagged with , ,

Leave a Reply