• Apakah Belajar Benar Benar Penting?

    Apakah teman” pernah terfikir bahwa ilmu yang teman” pelajari akan benar” dipakai di dunia kerja nanti?

    Atau apakah teman” pernah terfikir 1/3 kehidupan teman” telah dihabiskan untuk belajar dan ditengah jalan merasa sia-sia karena dunia kerja menempatkan kriteria IPK dari 20 peringkat hanya diposisikan pada peringkat 17?

    Jawaban seorang pengusaha dan investor sukses asal Singapore bernama Adam Khoo pernah mengatakan bahwa pada kenyataannya 90% informasi yang telah kita pelajari di sekolah tidak akan lagi digunakan di dunia kerja, kecuali memang jika kita ingin menjadi tenaga pengajar.

    Lalu pertanyaannya, buat apa kita bersekolah????

    Tenang dulu masih belum selesai jawaban Adam khoo ini…..

    Memang benar 90% informasi yang kita dapat tidak benar” terpakai di dunia kerja. NAMUN, ternyata jika kita lebih terlisik lebih lanjut, tanpa sadar dengan pelajaran” disekolah yang kita pelajari telah membuat POLA BERFIKIR kita jauh menjadi lebih BERKEMBANG. Pola berfikir inilah yang akan terberdayakan untuk dunia kerja nanti.

    Contoh kecil saja, jika kita mempelajari fisika, secara tidak sadar kita telah melatih otak kita untuk berfikir logis, menyelesaikan masalah, mengingat lebih baik, memahami dan menganalisis fakta yang rumit, menyeleksi dan mengorganisasikan informasi, dll.

    Ok, sekarang kita coba keranah sastra, apakah yang bisa kita dapat dari mempelajari sastra? secara tidak sadar otak kita juga dilatih untuk Berfikir kreatif, belajar tentang emosi manusai dan bagaimaan perilaku manusai, membaca pikiran orang dll.

    Lalu bagaimana dengan yang ingin menjadi atlet, penyanyi, aktor apakah masih butuh sekolah?

    Banyak bintang bintang atlet Amerika yang tetap menyelesaikan kuliahnya dan kini tetap menjadi atlet nomor satu dunia. Salah satu contohnya adalah Michael Jordan(pemain basket nomor satu dunia) masuk University of North California. Memang pendidikan tidak terlalu menyumbang banyak terhadap karier basketnya, NAMUN sekali lagi pendidikan menolong MJ pada masa masa pensiunnya.

    Dengan pemahaman kecerdasan financial dan ilmu berinvestasi yang baik, dia telah menginvestasikan sebagian kekayaannya untuk menguasai saham Charlotte Bobcats(salah satu club basket NBA).

    Sebenarnya kewajiban menuntut ilmu telah sampai kepada kita, namun terkadang kita melalaikannya dan lupa betapa indahnya balasan bagi sang penuntut ilmu.

    Merujuk pada salah satu hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam shahihnya, dari hadits Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu. Yang membahas menuntut ilmu, sesungguhnya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

    وَمَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللهُ لَهُ بِهِ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ، وَمَا اجْتَمَعَ قَوْمٌ فِي بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ اللهِ يَتْلُونَ كِتَابَ اللهِ وَيَتَدَارَسُونَهُ بَيْنَهُمْ إِلَّا نَزَلَتْ عَلَيْهِمِ السَّكِينَةُ، وَغَشِيَتْهُمُ الرَّحْمَةُ ، وَحَفَّتْهُمُ الْمَلَائِكَةُ ، وَذَكَرَهُمُ اللهُ فِيمَنْ عِنْدَهُ

    “Barangsiapa yang menempuh suatu perjalanan dalam rangka untuk menuntut ilmu maka Allah akan mudahkan baginya jalan ke surga. Tidaklah berkumpul suatu kaum disalah satu masjid diantara masjid-masjid Allah, mereka membaca Kitabullah serta saling mempelajarinya kecuali akan turun kepada mereka ketenangan  dan rahmat serta diliputi oleh para malaikat. Allah menyebut-nyebut mereka dihadapan para malaikat.”

     

    Buku      : Secrets of Successful Teens

    Karya     : Adam Khoo

    Resume  : Dept. Issu dan Keummatan(Faris_Azis)

Leave a Reply