• Press Release BOY (Birena Of The Year) 1435 H/2014 M

    BIRENA-IPB.BLOGSPOT.COM1 4 , Oleh : M. H. Catur Mardiko

    Pagi cerah terlihat di awan disertai tetesan embun segar yang menempel di dedaunan menaungi kawasan kampus IPB DARMAGA pada hari Ahad, tanggal 19 Januari 2014. Pelaksanaan acara akhir semester pembinaan BIRENA AL-HURRIYYAH IPB dilakukan dengan mengadakan acara BOY (BIRENA OF THE YEAR) yang mengangkat tema “Persembahan Cinta dari BIRENA”. BOY adalah suatu persembahan dari adik & remaja BIRENA kepada pembina, civitas akademika IPB, dan khususnya untuk orang tua mereka sendiri sekaligus pembagian raport hasil belajar di BIRENA. Program acara yang baru launching di kepengurusan tahun 1434 H ini diselenggarakan di Audit GMSK IPB mulai pukul 07.45 dan berakhir pukul 11.55 WIB. Briefing panitia dimulai pada pukul 06. 15 WIB selama 20 menit oleh kakak pembina dengan menggunakan dresscode terbaiknya untuk memastikan kesiapan acara.

    Suasana pagi yang cerah disambut dengan penuh keceriaan oleh para pembina, adik serta remaja BIRENA. Kegembiraan terlihat dalam setiap raut muka mereka. Setelah semuanya siap dan peserta sudah terlihat mulai berdatangan, akhirnya acara dimulai pada dentang waktu pukul 07.45 WIB dengan mengisi form registrasi terlebih dahulu. Barisan pembina ikhwan maupun akhwat telah tersusun rapi di depan pintu masuk audit untuk menyambut kedatangan para adik & orang tua. Terlihat ekspresi wajah penuh keikhlasan, ketulusan dan semangat dari para pembina pada saat itu. Pemandangan cipika-cipiki antara pembina dan orang tua pun kerap terlihat. Keceriaan adik BIRENA yang ingin ikut bergabung dalam cipika-cipiki tadi juga menambah kekuatan ukhuwah diantara mereka. BOY ini juga dihadiri oleh beberapa perwakilan kakak pembina dan adik dari PRO-KA serta mengundang perwakilan dari Lembaga Al-Hurriyyah IPB.

    Pukul 08.15 WIB acara BOY pun dimulai. Terdengar suara prolog dari narator terlantun membuka acara ini disertai gemuruh musik yang menggema di dalam Auditorium sehingga sedikit membuat kaget para peserta. Narator sekaligus memanggil Tim Tari Saman BIRENA sebagai “menu” pembuka acara BOY ini. Semua mata tertuju kearah panggung untuk melihat penampilan Tim Tari Saman BIRENA  ini. Riuh suara tepuk tangan dari para peserta menyelimuti audit karena performa mereka yang luar biasa  di atas panggung.

    Setelah Tim Tari Saman BIRENA turun dari panggung pertanda bahwa penampilannya telah usai, kedua MC (Master of Ceremony) muncul dari belakang peserta dan berjalan menuju panggung melewati karpet merah di tengah-tengah peserta dengan berpakaian rapi berjas hitam. Mereka adalah Kak Derry dan Kak Ahmad Solihin (Mad Sol) yang dengan suara khasnya mulai memandu jalannya acara. Applause diberikan kepada mereka khususnya oleh para orang tua.

    Sebagai awal acara agar dapat berjalan lancar dan diberi keberkahan serta ridho Allah SWT, pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an dikumandangkan melalui penampilan Tasmi Al-Qur’an oleh adik BIRENA yaitu Moh. Sobari dan Apriliani Widianingsih Aisyah. Kemudian acara berlanjut pada sambutan pelaksana acara yang disampaikan oleh kak Catur Mardiko. Pemberian konsumsipun juga mulai dibagikan kepada seluruh peserta dalam sesi ini. Sambutan selanjutnya disampaikan oleh kepala sekolah BIRENA AL_HURRIYYAH IPB tahun 2013, yaitu kak Azfar Reza Muqafa. Beliau mengatakan bahwa acara BOY ini hampir sama dengan acara sameunan di sekolah TPA. Kemudian sambutan dari perwakilan DKM AL_HURRIYYAH oleh Bpk. Oktama Forestian, S.Hut melengkapi penghormatan dari panitia BOY kepada orang-orang “langit” yang telah menginspirasi pelaksanaan acara ini.

    Senam Kreatif BIRENA adalah penampilan selanjutnya oleh adik-adik kecil  akhwat BIRENA. Tampak wajah-wajah lucu nan manis yang membuat para audiens terkesima melihat setiap gerakan pada penampilan ini. Tanpa disadari, ternyata kakak-kakak pembina juga mengikuti gerakan senam dari bagian belakang audiens. Padahal itu adalah upaya para kakak pembina agar adik-adik yang tampil di panggung tidak lupa akan gerakan senamnya. Drama “AL-FATIH” dan melodi nasyid serta Puisi adalah beberapa penampilan yang ada di BOY ini serta pengumuman “BIRENA AWARD” untuk adik & remaja yang berprestasi.

    Penampilan vokal grup oleh adik BIRENA

    Namun yang paling berkesan adalah penampilan vokal grup yang dilakukan oleh para adik & remaja BIRENA. Lagu terakhir yang mereka nyanyikan berjudul “Lagu untuk Mama” dengan masing-masing membawa bunga yang akan diserahkan kepada orang tua mereka. Penyerahan bunga diikuti oleh semua adik maupun remaja. Iringan lagu “Bunda” yang dinyanyikan oleh Kak Reza dan Kak Derry semakin menambah suasana haru pada saat itu. Derai air mata pun mengalir baik oleh adik, remaja, orang tua, bahkan kakak pembina. Tangisan ini membuktikan bahwa besarnya rasa kasih sayang mereka terhadap orang tuanya.

    Sesi akhir dari acara ini adalah pembagian raport BIRENA oleh kepala sekolah kepada adik & remaja BIRENA dengan dipanggil satu-satu beserta wali kelasnya menaiki panggung. Kemudian dilanjut dengan foto bersama wali kelas dan orang tua di luar audit dengan backdrop BOY 2014. Setelah itu dipersilahkan untuk masuk audit kembali. “Alhamdulillah, saya merasa senang dengan adanya acara ini yang membuktikan bahwa ada hasilnya selama anak saya belajar di BIRENA. Ahyar sendiri juga ada peningkatan dalam ibadahnya selama belajar di BIRENA“, tutur Ibunda Ahyar  (adik BIRENA). Itulah salah satu pengakuan dari orang tua yang dengan penuh harap menitipkan anaknya kepada BIRENA.

    Do’a penutup yang dibacakan oleh Kak Yusuf Muhammad menjadikan acara BOY 1435 H/2014 M resmi ditutup dengan diakhiri ucapan salam oleh MC. Satu persatu orang tua dan adik mulai pulang meninggalkan Audit GMSK. Namun, tak lupa mereka juga berpamitan dan meminta terima kasih kepada para kakak pembina. Sungguh pemandangan yang tak terlupakan bagi kakak pembina khususnya Kak Reza sebagai kepala sekolah BIRENA. Beliau berkata ,”Ini merupakan akhir kepengurusan yang luar biasa dan tidak akan terlupakan bagi saya. Terima kasih semuanya”.

     

    Fb           : Birena Al-Hurriyyah Ipb

    Twitter :  @birenaipb

    Email    : birena.alhurriyyah.ipb@gmail.com

     

    Redaktur : Yusuf Muhammad

Leave a Reply