• Wanita Tonggak dari Kemajuan Bangsa

    Kalau kita berbicara perempuan tangguh, pasti kita langsung berpikir sosok R.A Kartini. Seorang wanita pribumi yang menginspirasi kaum wanita lainnya.  Beliau merupakan sosok wanita tangguh  yang jasa – jasa dan perjuangannya terhadap bangsa Indonesia sangat besar. Seorang pejuang yang pantang menyerah dalam memperjuangankan hak- hak wanita pribumi yang saat itu masih di kesampingkan. Beliau berpikiran bahwa wanita harus mempunyai hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan layaknya seorang laki-laki pada masa itu, agar bisa memiliki pemikiran yang maju seperti wanita-wanita eropa . Pada saat itu kaum wanita pribumi berada pada status yang rendah bahkan beliau hanya di perbolehkan sekolah  di ELS (Europe lagere School) setingkat sekolah dasar.

    Menerima kenyataan itu tidak lantas beliau menyerah dan putus asa. Beliau mengumpulkan buku buku atau majalah yang dapat beliau baca sendiri. Dari banyak membaca itulah wawasan beliau makin berkembang dan semakin tertarik cara berpikir maju yg di miliki wanita wanita eropa pada saat itu. Beliau semakin besar semangatnya untuk memperjuangkan hak-hak wanita di Indonesia. Dari hal itulah, akhirnya beliau berinisiatif mendirikan taman pendidikan bagi kaum wanita.

    Kalau kita melihat di zaman sekarang mungkin sudah tidak ada sosok seperti R.A Kartini tapi wanita –wanita sekarang khususnya di Indonesia pemikirannya sudah jauh lebih maju di bandingkan pada saat itu. Mungkin pejuangan yang di miliki wanita zaman dulu sudah tidak terliat lagi pada wanita zaman sekarang karena majunya teknologi yang semakin memudahkan kegiatan manusia. Tapi di sisi lain banyak sosok sosok  wanita yang semangat perjuangannya sangat besar untuk kemajuan Indonesia. Mereka tidak hanya  menjadi seorang ibu rumah tangga saja dirumah tapi mereka juga mendedikasikan pemikirannya untuk kemajuan bangsa Indonesia.

    Sosok sosok wanita tangguh pun  masih bisa kita temui di zaman sekrang ini. Hal ini terbukti hampir di semua sektor  terisi oleh kaum wanita dari pemerintahan, pendidikan, perbankan, social, agama dan bahkan politik. Kaum wanita muda pun sudah mulai ikut  tampil  memperjuangkan kemajuan bangsa Indonesia. Oleh sebab itu kaum wanita adalah sebuah tonggak yang sangat diperlukan  untuk kemajuan bangsa Indonesia.

    penulis : Muklas Rivai

Leave a Reply