• Banyak perempuan menyarankan pasangannya untuk mencukur kumis atau jenggot agar terlihat lebih segar dan muda.Namun tahukah Anda, bahwa sebenarnya jenggot dan kumis memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan asalkan dirawat dengan baik.
    Sebuah studi terbaru dari University of Southern Queensland menemukan, bahwa lelaki yang memiliki kumis dan jenggot mendapat perlindungan sebesar 90-95 persen dari kerusakan kulit akibat paparan radiasi ultraviolet dari sinar matahari. Selain itu, mereka juga berisiko rendah terkena kanker kulit.
    Karena sudah memiliki perlindungan alami tersebut, Dr Nick Lowe, dokter spesialis kulit terkemuka di London, Inggris menyarankan, agar para lelaki yang berkumis dan berjenggot itu sedikit saja menggunakan krim tabir surya (sunblock), seperti yang di lansir serambinews.com dari berbagai media online.
    Selain untuk menjaga kesehatan kulit, kumis dan jenggot ternyata juga memungkinkan untuk mencegah dari serangan asma.
    Carol Walker, ahli kesehatan rambut dan pemilik Birmingham Trichology Centre mengatakan, bahwa kumis dan jenggot dapat menahan debu dan serbuk sari yang menjadi pemicu asma. Sehingga alergen (pemicu alergi) itu tidak dapat masuk ke hidung dan paru-paru.

    Mengatasi Asma dan Flu

    Hal senada dikemukakan pula oleh Dr Felix Chua, seorang dokter konsultan pernapasan di Klinik London, Harley Street. Ia mengatakan: “Secara teori, kumis bisa menghentikan hal-hal yang memicu asma memasuki saluran udara, tetapi kumisnya harus besar.”
    Lantas, masih adakah lagi manfaat kumis dan jenggot bagi kesehatan? Tentu saja ada, yaitu bisa memperlambat penuaan dan membantu mengatasi batuk.
    Dr Lowe mengatakan, seiring berjalannya waktu, rambut di wajah (kumis dan jenggot-red) dapat membantu menjaga kelembaban kulit agar tetap muda dan dalam kondisi baik.
    Selain itu, kata carol Walker, jenggot tebal yang telah tumbuh dibawah dagu dan leher juga menaikkan suhu di leher sehingga dapat membantu melawan batuk dan pilek saat Anda menderita flu.
    “Rambut adalah isolator yang membuat tubuh Anda hangat. Jenggot panjang dan lebat dapat menghangatkan wajah dan leher Anda ketika cuaca dingin sehingga tubuh mampu membangun temperatur untuk membunuh virus,” imbuhnya. Meski demikian pengobatan lebih lanjut tetap dibutuhkan agar flu bisa disembuhkan secara tuntas.

    Pentingnya Menjaga Kebersihan

    Meski kumis dan jenggot memiliki beberapa manfaat kesehatan, Anda tetap harus merawatnya dengan baik untuk menghindari efek negatif dari rambut di wajah yang tak terawat.

    Dr Ron Cutler, ahli mikrobiologi di Queen Mary, University of London, mengatakan, bukti ilmiah menunjukkan bahwa jenggot yang tak terawat dapat menyebarkan infeksi. Itulah mengapa pentingnya mencuci kumis dan jenggot secara teratur dan memastikan area di daguĀ  tidak mengalami keluhan akibat rambut yang tumbuh ke dalam.

    Hal utama yang juga harus diperhatikan, kata Dr Martin Wade, konsultan dermatologis di London, adalah berhati-hati saat mencukur kumis dan jenggot. Sebab mencukur dengan cara yang tidak tepat juga menjadi penyebab utama terjadinya infeksi bakteri.
    “Hal ini dapat menyebabkan ruam cukur, rambut tumbuh ke dalam dan kondisi seperti folikulitis (infeksi folikel rambut yang menyebabkan bintik-bintik),” imbuhnya.

    sumber : websitetribunaceh

Leave a Reply