• Kunjungan LDK AL-FARUQ, Universitas Mercu Buana Jakarta Ke LDK Al Hurriyyah , IPB

    Hari Sabtu tanggal 23 Februari 2013, LDK AL Hurriyyah kedatangan tamu pertama pada tahun kepengurusan 2013 ini. Tamu tersebut adalah LDK Al Faruq dari Universitas Mercu Buana, Jakarta, mereka tiba di IPB  pukul 13.30 WIB. Mereka terdiri atas tiga belas ikhwan dan Sembilan belas Akhwat. setelah itu mereka dipandu untuk melakukan ISHOMA terlebih dahulu. Disela-sela istirahat, kami isi dengan perkenalan. Acara inti dari kunjungan kali ini yaitu ba’da ashar. Mereka dipandu untuk memasuki ke ruang aula. Acara tersebut dipandu oleh Ghofur sebagai MC ( master ceremony ) kemudian dimulai dengan tilawah oleh Million Muhammad, dilanjutkan dengan sambutan dari masing – masing ketua, dilanjutkan dengan  sambutan dari Pembina LDK Al Faruq.

    Kedua  LDK saling menjelaskan proker-proker mereka. Presentasi dari LDK Al Hurriyyah diwakili oleh Faisal Rahman, mas’ula LDK Al Hurriyyah tahun 2013, beliau mempresentasikan tentang struktur keorganisasian di LDK Al Hurriyyah, visi dan misi, departemen yang ada di LDK Al Hurriyyah, serta kegiatan –kegiatan yang ada di laksanakan masing- masing departemen di LDK Al Hurriyyah, serta kegiatan –kegiatan yang dilaksanakan masing- masing departemen. Kemudian dilanjutkan Presentasi dari LDK Al Faruq diwakili oleh Haikal selaku mas’ul LDK Al Faruq Dalam presentasinya LDK Al Faruq mempresentasikan struktur organisasi, departemen, dan kegiatan – kegiatan di LDK AL Faruq. LDK Al Faruq merupakan UKM islam di Universita Mercu Buana. LDK Al Faruq terdiri dari departemen kemuslimahan, Danus, Syiar, PERT ( pengembangan ekonomi rumah tangga), P dan K ( pembinaan dan kaderisasi).  menurut mereka yang menjadi problem saat ini adalah kurangnya loyalitas anggota LDK. Di Al Faruq perekrutan anggota LDK di lakukan melalui program Open House yang diadakan setiap tahun. Sarana yang digunakan dalam perekrutan diantaranya denga SMS gateway , masuk dalam kelas – kelas dan memutar video tentang Al Faruq  serta mebagikan Pin, snack dan info – info tentang beasiswa guna menarik minat untuk bergabung dalam LDK Al Faruq, kegiatan lainnya untuk berdakwah adalah seminar kewirausahaan sebagai upaya pemahaman tentang kewirausahaan dalam pandangan syariah. Di Al Faruq ,yang biasa menyambut tamu seperti halnya Hubungan luar ( di Al HUrriyyah ) adalah divisi Syiar.

    Di IPB , cukup banyak mahasiswa baru yang bergabung dengan LDK Al Hurriyyah. LDK AL Hurriiyah sendiri  di bawah bimbingan DKM Al Hurriyyah bersama Birena, LPQ serta ISC. Agar dapat menampilkan performa yang baik, LDK Al Hurriyyah mengadakan pembinaan seperti mentoring kepada anggotanya agar terjaga keistiqomahannya dalam beribadah dan memegang amanah, kegiatan peningkaatan soft skill, memanfaat kan media cetak ataupun online untuk memperkenalkan LDK AL Hurriyah kepada banyak orang. Afar menjadi LDK yang mandiri, Al Hurriyyah mendapat pemasukan dana diantaranya dari Toko Berkah, Toko  Online Al Hurriyyah ( yang baru dirilis tahun ini, 2013) kerjasama antara divisi DFM dan Media online. Target LDK Al Hurriyyah adalah menciptaka lingkungan kampus yang islami ddan menjadikan mahasiswa IPB mahasiswa Rabbani.

    Setelah selesai presentasi serta Tanya jawab, kedua LDK saling memberikan kenang kenangan. Pemberian kenang – kenangan dari LDK Al Hurriyyah kepada LDK AL Faruq diwakili oleh ketua departemen Hubungan Luar dari LDK Al Hurriyyah, Million Muhammad. Dan pemberian kenang kenangan dari Al Faruq di wakili oleh Mas’ulnya yaitu Haikal dan diterima oleh Faisal Rahman. Berakhirnya pemberian kenag – kenangan tersebut, selesai pula acara inti pada pukul 18.00 WIB.

    Kegiatan pada pukul 18.00 sampai sampai pukul 20.00 adalah ISHOMA. Kegiatan Mabit dimulai pukul 20.00 WIB Ikhwan di ruang Ali, dan akhwat di ruang Asma. Kegiatan Mabit tersebut didisi dengan sharing – sharing antar kedua LDK. Hal yang dibicarakan seputar kegiatan kegiatan yang dilaksanakan di masing – masing LDK, problem yang ada seperti keistiqomahan anggota, minat bergabung dengan LDK.  Kegiatan Mabit berakhir pada pukul 21.30 WIB. Kemudian kami semua istirahat sampai pukul 03.00 WIB. Kami bangun pukul 03.00 WIB untuk melaksanakan Qiyamul lail. Untuk menunggu waktu shubuh tiba, masing masing dari kami membaca Al Quran. Pukul 04.30 WIB, waktu shubuh tiba kemudian melaksanakan sholat Shubuh berjamaah. Setelah sholat Shubuh, kami mempersiapkan segala sesuatu untuk kegiatan selanjutnya. Pukul 07.30 WIB kami melakukan sholat Dhuha. Selanjutnya dari Akhwatnya berjalan – jalan mengelilingi masjid Al Hurriyyah. setelah itu kami semua sarapan bersama, ikhwan dan Akhwat dengan ditutupi hijab kayu di teras lantai satu masjid Al Hurriyyah. Setelah selesai sarapan, dari kedua LDK melakukan sesi Foto Bersama. Kemudian mereka ( LDK Al Faruq ) mempersiapkan diri untuk rihlah dan langsung kembali ke Universitas Mercu Buana , Jakarta. Mereka meninggalkan Masjid Al Hurriyyah pada pukul 08.45 WIB. Dengan berangkatnya mereka, selesailah kegiatan kunjungan tersebut.

Leave a Reply