• Penemuan Arca Megalitikum di Kota Pagaralam

    -ARCA KEMBAR TERONGGOK DI SUNGAI-

    Pagaralam adalah salah satu kota pariwisata di Sumatera selatan. Kota ini mempunyai panorama alam yang sangat indah. Sebuah gunung yang berbentuk jempol atau kerap kali di sebut oleh warga sekitar dengan Gunung Jempol juga meenjadi salah satu daya tarik para wisatawan domestic maupun luar negeri.

    Peninggalan pra-sejarah sering ditemukan di kota ini. Salah satunya adalah sebuah arca megalitikum menyerupai kepala manusia purba yang ditemukan warga di Sungai Cawang, Ds. Curup , Kec. Dempo Utara, Pagaralam. Saat ditemukan kondisi kepala arca sudah terpisah dengan bagian badan. Bagian badan arca sudah roboh dan tenggelam di pinggir sungai. Namun satu arca lagi ditemukan masih utuh dengan bagian badan masih terkubur di dalam tanah.

    Temuan arca manusia tersebut hamper mirip dengan arca kepala yang ditemukan di Dusun Cawang Baru. Arca tersebut ditemukan ditepi sungai yang berbatuan tersusun rapi bertingkat-tingkat yang mirip dengan bangunan candi. Menurut Subandi,  salah satu warga yang menemukan arca tersebut mengatakan ia tidak sengaja menemukan arca kepala manusia purba. Saat itu mereka hendak mencuci tangan setelah selesai bekerja di kebun.

    Diperkirakan ukuran arca berdiameter sekitar 60-70 sentimeter dengan tinggi sekitar tiga meter. Menurut pendapat warga sekitar, memang sudah banyak penemuan arca megalit tetapi warga tidak tahu dari zaman apa arca berasal.

    Jika melihat dari bentuknya, diperkirakan arca yang baru ditemukan warda Dusun Curup merupakan peninggalan pra-sejarah berumur lebih dari 3000-4000 tahun, ujar Kristantina Indiastuti, salah seorang petugas Balai Arkeologi Palembang.

    Sumber : Koran Sriwijaya Post, Rabu 2 Januari 2013 (Hal. 1 dan Hal 7)

Leave a Reply