• Persiapan Menjelang Ramadhan

    Bismillahirrahmanirrahim

    Tanpa terasa Ramadhan semakin dekat. Apakah ini ramadhan terakhir bagiku, bagimu, atau bagi kita semua?? Tak ada yang pernah mengetahuinya. Sebagai seorang hamba, kita hanya bisa memohon kepada Allah SWT, supaya kita dapat disampaikan pada ramadhan tahun ini.

     

    Tentu, menjelang ramadhan ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Persiapan apa saja itu akhi wa ukhti??

    1. Persiapan Hati

    Sebelum ramadhan datang, mari kita sucikan hati kita. Barangkali selama ini tanpa kita sadari, kita berbuat salah kepada orang lain, menyimpan rasa dengki, iri, dan sebagainya atas pencapaian saudara-saudara kita. Segeralah meminta maaf. Selain itu, luruskan kembali niat kita dalam ramadhan ini. Jadikan ini adalah ramadhan terbaik bagi kita semua. Jangan cuma persiapan cadangan makanannya saja yang dipenuhi selama satu bulan, tapi persiapan infaq untuk sebulan pun harus dipersiapkan ^.^

    2. Persiapan Fisik/Jasadiyah

    Jagalah kondisi badan kita sampai nanti tiba dan berlangsungnya ramadhan. Banyak minum air mineral, makan yang teratur, tak lupa mengkonsumsi buah dan sayur, tidur yang terpola dengan baik, serta olahraga yang teratur. Karena sebagai pribadi muslim tentunya kita juga dituntut “qawiyul jism”.

    3. Meningkatkan Pemahaman

    Memperbanyak baca buku atau mempelajari hal-hal yang dapat menambah pahala puasa kita juga ‘kudu’ diperhatikan nih sobat Al Hurriyyah. Jadi, biar selama ramadhan kita tuh ga cuma tidur aja, atau malah berlebihan dalam hal yang kurang bermanfaat. Ada banyak hal yang dapat dilakukan dan menambah pahala puasa kita, seperti menuntut ilmu(biasanya kan banyak pesantren kilat tuh di sekolah-sekolah), membaca buku, tilawah, membantu orang tua mempersiapkan buka puasa, dan masih banyak lagi.

    4. Persiapan Program

    Nah ini adalah hal yang juga tidak kalah penting untuk dipersiapkan. Kalau tahun lalu kita menargetkan khatam Al Qur’an satu kali selama ramadhan, tahun harus dua kali, atau misalnya 1 hari menuntaskan 1,5 juz. Karena orang yang beruntung adalah orang yang lebih baik dari sebelumnya. Kalau tahun lalu zakatnya masih dibayar oleh orang tua, yuk mulai menyicil zakat dari hasil keringat kita sendiri, pasti jelas terasa bedanya. Nggak percaya, cobain deh!

    5. Mensucikan Diri

    Di ramadhan ada satu waktu dimana kita dapat saling berbagi sesama. Melalui zakat fitrah, kita mensucikan diri kita. Memberi kesempatan bagi saudara-saudara yang kurang mampu, untuk turut merasakan kemenangan yang juga kita rasakan.

    6. Persiapan Sarana dan Prasarana

    Mungkin bagi yang susah bangun sahur nih.. bisa beli jam becker dulu, atau minimal mengatur alarm di handphone nya. Yang merasa sulit untuk menuntaskan tilawah 1 juz per hari, selama 10 hari terakhir bisa mengagendakan untuk i’tikaf, sehingga targetan yang tidak tercapai dapat terpenuhi. Biasanya kalau ramai-ramai itu lebih berkesan. Ga ada salahnya Fastabiqul Khairat :)

     

    Mungkin itu beberapa poin yang perlu dipersiapkan menjelang ramadhan. Semoga ramadhan ini lebih baik dari ramadhan sebelumnya, dan tentunya menjadi ramadhan terbaik kita semua..

     

    follow us:

    Twitter: @alhurriyyahipb

    Fb: Ldk Al Hurriyyah Ipb III

Leave a Reply