• Dahsyatnya Puasa

    Bismillahirrahmanirrahim..

    “INSPIRING PEOPLE…”

    Allahu Akbar!

    Alhamdulillah Ramadhan telah memasuki hari ke-8, sudah sejauh mana target ramadhan kita tercapai??

    Ikhwahfillah,

    Ternyata puasa juga dilaksanakan oleh umat selain Islam. Akan tetapi, kita harus mengetahui apa perbedaan puasa yang dilaksanakan oleh umat Islam dan non Islam. Tentunya puasa yang dilaksanakan oleh umat Islam haruslah sesuai dengan apa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.

    Ada empat hal yang membuat puasanya umat Islam itu jauh lebih dahsyat, antara lain:

    1. Ketika tiba waktu berbuka puasa, maka bersegeralah untuk berbuk. Karena keutamaan berbuka ada di awal waktunya. Sebagaimana yang telah dijelaskan pada materi sebelumnya, saat berbuka adalah kegembiraan tak terkira bagi umat Islam yang menjalankan ibadah puasa.

    2. Utamakanlah berbuka dengan memakan kurma (utamakan yang matang) dan beberapa teguk air mineral. Dalam hal ini, diharapkan tidak berlebihan dalam berbuka puasa. Agar dapat segera melaksanakan ibadah shalat maghrib (syukur-syukur jika berjama’ah).

    3. Jangan lupa berdoa saat berbuka puasa. Agar apa yang kita makan ketika berbuka menjadi berkah bagi tubuh kita. Dan berdoa di waktu berbuka puasa, merupakan waktu-waktu dimana doa itu terijabah oleh Allah SWT.

    4. Memberi makan kepada orang yang berbuka puasa, akan mendapat pahala yang sama dengan orang yang puasa tersebut, dengan tanpa mengurangi pahala puasa orang yang berpuasa tersebut.

    Dalam hal ini, tampak jelas bahwa ibadah puasa mempunyai kaitan dengan ilmu ekonomi. Yaitu asas nilai utilitas yang lebih tinggi ketika kita memberi makan kepada orang yang berpuasa, dibanding dengan nilai utilitas jika kita berpuasa namun tidak memberi makan orang lain yang berpuasa.

    Jangan lupa untuk turut menginfakkan rezeki yang kita milik, selagi kesempatan untuk berinfak itu masih ada..

    Wallahu a’lam bishshowab..

    (Disampaikan oleh Ust. Dr. M. Firdaus (Wakil Dekan FEM IPB) dalam Tausiyah menjelang tarawih malam ke-8 Ramadhan di mesjid Al Huriyyah)

Leave a Reply