• Waktu-Waktu Istimewa untuk Berdoa

    Bismillahirrahmaanirrahim

    “INSPIRING PEOPLE”

    Assalamu’alaikum wr wb

    “Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran” (QS. 2 : 186).

    Waktu-waktu yang istimewa untuk kita berdoa antara lain :

    1. Sepertiga Akhir Malam

     “Sesungguhnya Rabb kami yang Maha Berkah lagi Maha Tinggi turun setiap malam ke langit dunia pada sepertiga akhir malam terakhir, lalu berfirman: Barangsiapa yang berdoa, pasti akan Kukabulkan, barangsiapa yang memohon pasti akan Aku perkenankan dan barangsiapa yang meminta ampun, pasti akan Ku ampuni.” (HR Bukhari)

    2. Di saat berbuka puasa

    “Sesungguhnya bagi orang yang berpuasa pada saat berbuka ada doa yang tidak ditolak.” (HR Ibnu Majah)

    3. Pada shalat fardhu sebelum salam di tasyahud akhir

    Dari Abu Umamah Radhiyallahu’anhu, Sesungguhnya Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam ditanya tentang doa yang paling didengar oleh Allah Subhanahu wata’alla, beliau menjawab: “Di pertengahan malam yang akhir dan pada setiap dubur shalat fardhu.” (HR At Tirmidzi dan dishahihkan oleh Al-Albani)

    4. Di antara adzan dan iqamah

     “Doa tidak akan ditolak antara adzan dan iqamah.” (HR Abu Daud, dishahihkan Al-Albani)

    5. Pada saat sedang turun hujan

     “Dua doa yang tidak pernah ditolak; doa pada waktu adzan dan doa pada waktu turun hujan.” (HR Hakim dan dishahihkan oleh Al-Albani)

    6. Pada waktu bangun tidur malam hari bagi orang yang bersuci dan berdzikir sebelum tidur  “Tidaklah seorang hamba tidur dalam keadaan suci lalu terbangun pada malam hari kemudian memohon sesuatu tentang urusan dunia atau akhirat melainkan Allah akan mengabulkannya.” (HR Ibnu Majah)

    7. Doa seorang muslim terhadap saudaranya tanpa sepengetahuan saudaranya “Tidak seorang muslim berdoa untuk saudaranya yang tidak ada dihadapannya kecuali ada seorang malaikat yang ditugaskan berkata kepadanya: ‘Aamiin, dan bagimu seperti yang kau do’akan.” (HR Muslim)

    Ayo semangat tuk trus berdoa. Semoga Allah mengabulkan doa kita semua…

     

    FB :Ldk Al Hurriyyah Ipb III|

    @alhurriyyahipb|www.alhurriyyah.lk.ipb.ac.id

Leave a Reply