• IIF 2011

    Tahun Baru Hijriyyah merupakan momentum bagi umat Islam di seluruh dunia untuk merefleksikan hidup, bermuhasabah atas kehidupan masa lalu dan melakukan perbaikan untuk kehidupan di masa yang akan datang. Tahun baru Hijriyyah memiliki makna mendalam bagi kaum muslimin, karena tahun baru Hijriyyah ini didasarkan pada hijrahnya Rosulullah SAW dari Mekah ke Madinah. Hijrahnya Rosulullah SAW dari Mekkah ke Madinah bisa kita refleksikan sebagai perpindahan diri dari kebatilan menuju kebenaran. Sehingga pada setiap Tahun Baru Hijriyah, seluruh umat Islam di dunia senantiasa memperingati momen ini dengan semangat untuk senantiasa memperbaiki diri.
    Institut Pertanian Bogor sebagai salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia yang memiliki motto Mencari dan Memberi yang Terbaik merupakan Perguruan Tinggi yang mayoritas mahasiswanya Muslim. Sehingga, untuk memanfaatkan momentum Tahun Baru Islam 1433 H, perlu diadakan  kegiatan yang dapat menjadi sarana bagi Mahasiswau ntuk senantiasa menumbuhkan semangat memperbaiki diri dan optimis untuk menghadapi masa yang akan datang.
    Berbagai macam kegiatan dapat dilakukan untuk memperingati Tahun Baru Hijriyah  sebagai bentuk refleksi atau muhasabah diri. Salah satunya adalah dengan seni. Seni adalah salah satu aspek yang tidak bisa dipisahkan dari Islam, Seni yang baik adalah seni yang senantiasa mendekatkan antara manusia kepada Sang Khaliq. Salah satunya adalah seni musik. Dengan mempertimbangkan tingginya apresiasi civitas akademika IPB dan masyarakat sekitar kampus IPB pada peringatan Tahun Baru 1431 H lalu, maka dari itu untuk memperingati Tahun Baru Islam 1433 H Institut Pertanian Bogor mengadakan sebuah Kegiatan yang bertajuk Nada dan Dakwah dengan Nama“SPIRIT OF LIFE MUSIC CONCERT #part 2#”.
    Selain pelaksanan SOL MC #2, tahun baru 1433 H dimeriahkan juga denganFESTIVAL NASYID NUSANTARA (FNN). Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk syiar islam melalui musik “Nasyid”. Hadirnya FNN ini sebagai bentuk apresiasi kepada tim nasyid pendatang baru untuk menunjukkan penampilan terbaiknya. Setelah FNN ini diharapkan mampu meningkatkan apresiasi dan ketertarikan masyarakat terhadap nasyid. Dua Agenda besar FSLDK IPB di awal tahun 1433 H, SOL MC #2 dan FNN terbingkai dalam satu kegiatan IPB ISLAMIC FESTIVAL 2011dengan tema “be a New and be a Creative in The Slabs Glory of Islam”.
    NAMA DAN TUJUAN

    Nama  : IPB ISLAMIC FESTIVAL (IIF) 2011
    Tujuan :Mensyiarkan islam melalui kegiatan yang lebih kreatif (syiar kreatif)Merangkul seluruh stakeholder internal IPB untuk terlibat dalam kegiatan islamMeningkatkan bergainning position syiar IPB dalam hal ini adalah LDK Al Hurriyyah dan FSLDK IPBMenggaungkan kembali ‘Nasyid’ di kampus IPB dan  nasional

    SASARAN DAN MANFAAT
    Sasaran dari kegiatan ini adalah seluruh Mahasiswa Institut Pertanian Bogor, masyarakat lingkar kampus dan rohis se-Bogor.  Jumlah peserta yang mengikuti Spirit Of Life Music Concert sebanyak 1500 orang dan 20 tim nasyid dari seluruh Indonesia yang mengikuti festival nasyid nusantara.
    Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan semangat dan penghayatan mahasiswa IPB dan lainnya untuk merefleksikanTahun Baru Hijriyah 1433  sebagai semangat untuk berubah kea arah yang lebih baik. Selain itu kegiatan ini diharapkan dapat menyemarakan syiar Islam dan memperkenalkan seni Islami di Kampus Institut Pertanian Bogor dan Mahasiswa serta Pelajar se Kota/Kabupaten Bogor. Selain itu juga diharapkan lahirnya group nasyid mahsiswa yang siap menyebarkan syiar Islam melalui musik.
    PENYELENGGARA
    Kegiatan ini diselenggarakan oleh Forum Silaturahim Lembaga Dakwah Kampus IPB (FSLDKI) bekerjasama dengan Direktorat Kemahasiswaan IPB.
    WAKTU DAN TEMPATFestival Nasyid Nusantara (FNN)
    Hari, tanggal              : Sabtu, 26 November 2011
    Waktu                         :  pukul 07.00 – 17.55 WIB
    Tempat                      :  Auditorium Rektorat Andi Hakim Nasution IPBSpirit Of Life Music Concert #part2# (SOL-MC)
    Hari, tanggal              : Ahad, 27 November 2011
    Waktu                         : pukul 12.30 – 16.00 WIB
    Tempat                      : Graha Widya Wisuda IPB

    Dari IIF 2011

Leave a Reply